
Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018
Pengarang : Juwita Cristina Y. B. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Pre-Eksperimental Design Dengan Menggunakan One Group Pretest-Posttest Design. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Seluruh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018 Yang Berjumlah 315 Siswa. Peneliti Menggunakan Skala Kecerdasan Interpersonal Siswa Dengan Skala Likert Dan Menggunakan Purposive Sampling Untuk Mengambil Sampel. Jumlah Sampel Dalam Penelitian Ini Adalah 14 Siswa. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Adalah Teknik Analisis Deskriptif Dan Inferensial Dengan Uji Wilcoxon Menggunakan Program SPSS 22.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Pemberian Treatment, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Probabilitas Diperoleh Nilai Asymp Sig = 0,001 ? ? = 0,05 Maka H0 Ditolak Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Ada Pengaruh Teknik Sosiodrama Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Yang Rendah Di SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Sosiodrama, Kecerdasan Interpersonal
The Purpose Of The Research Was To Determine The Effect Of Sosiodrama Technique To The Students Interpersonal Intelligence At Class VIII In SMPN 5 Tarakan In 2017/2018 Academic Year. The Research Was A Pre-Experimental Design Which Used One Group Pretest-Posttest Design. The Population Of The Research Was The Students Of Class VIII In SMPN 5 Tarakan In 2017/2018 Academic Year. The Number Of Population Was 315 Students. The Researcher Used A Scale Of The Student’s Of Interpersonal Intelligence With Likert Scale And Used Purposive Sampling To Take The Sample. The Number Of Sample Of The Research Was 14 Students. The Technique Of Analysis Data In The Research Was Descriptive And Inferential Analysis With Wilcoxon Test. It Used SPSS 22.0 For Windows. Based On The Results Of The Reseach Before And After Treatment, The Result Of The Calculation Hypothesis Test Decision-Making Based On The Probability That The Value Asymp Sig = 0,001 ? ? = 0.05, Ho Was Rejected, It Could Be Concluded That There Was The Influence Of Sosiodrama Technique To Whom Low Interpersonal Intelligence Students At Class VIII In SMPN 5 Tarakan 2017/2018 Academic Year. Keywords: Sosiodrama, Interpersonal Intelligence