
Pengaruh Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Kecemasan Siswa Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa
Pengarang : Heru Santoso - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Sendiri Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Kecemasan Siswa Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas VII Di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018”.
Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Pre-Eksperimental Design Dengan Bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi Dalam Penelitian Ini Terdiri Dari 21 Siswa Dan Sampel Terdiri Dari 6 Siswa Kelas VII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode Pengumpulan Data Yang Digunakan Pada Penelitian Ini Menggunakan Skala Kecemasan Dengan Skala Likert. Penelitian Ini Menggunakan Rumus Product Moment Untuk Uji Validitas Skala Kecemasan Siswa Dengan Hasil Dari 40 Butir Pernyataan Terdapat 25 Butir Pernyataan Yang Valid. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Adalah Teknik Analisis Deskriptif Dan Teknik Analisis Inferensial Dengan Menggunakan Uji Wilcoxon Yang Dikorelasikan Menggunakan Program SPSS 22.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Pemberian Perlakuan, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Probabilitas Diperoleh Nilai Asymp Sig = 0,027 ? ? = 0,05 Maka H0 Ditolak Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Ada Pengaruh Teknik Restrukturisasi Kognitif Terhadap Kecemasan Siswa Dalam Mengikuti Mata Pelajaran Matematika Kelas VII Di SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018”.
Kata Kunci: Restrukturisasi Kognitif, Kecemasan Siswa, Pelajaran Matematika
The Purpose This Research To Know The Influence Of Cognitive Restructuring Techniques To Anxiety Students In Following Math Lessons Class VII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan In Academic Year 2017/2018.” This Research Is A Pre-Experimental Research Design Which Using One Group Pretest-Posttest Design. The Population In This Study Is 21 Students While Using 6 Students As Sampels Of Class VII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan In Academic Year 2017/2018. Methods Of Data Collection In This Study Using A Scale Of Anxiety With Likert Scale. This Study Use Product Moment To Test The Validity Of The Student Anxiety Scale That The Results 25 Valid Items Of 40 Items. Data Analysis Techniques In This Research Was Descriptive And Inferential Analysis Using The Wilcoxon Test Were Correlated Using SPSS 22.0 For Windows. Based On The Research Results Before And After Treatment, Result Calculation Hypothesis Test Decision-Making Based On The Probability That The Value Asymp Sig = 0,027 ? ? = 0.05, Ho Is Rejected, It Can Be Concluded That There Is The Influence Of Cognitive Restructuring Techniques To Anxiety Students In Following Math Lessons Class VII SMP Nasional Plus Indo Tionghoa Tarakan In Academic Year 2017/2018.” Keywords: Cognitive Restructuring, Anxiety Students, Math Lessons