
Efektivitas Teknik Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 8 Tarakan Tahun Pembelajaran 2017/2018
Pengarang : Adi Permana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Efektivitas Teknik Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Karakter Siswa Di SmpNegeri 8 Tarakan. Penelitian Ini Menggunakan Desain Penelitian Kuantitatif Melalui Pendekatan Quasi Eksperimen. Variabel Bebas Yaitu Teknik Permainan Tradisional Dan Variabel Terikat Yaitu Karakter Siswa. Populasi Dalam Penelitian Ini Berjumlah 90 Siswa Dan Pengambilan Sampel Menggunakan Teknik Purposive Sampling Diperoleh Sebanyak 20 Orang Siswa Smp Negeri 8 Tarakan. Instrumen Dalam Penelitian Ini Menggunakan Skala Karakter Siswa Dengan Skala Pengukuran Likert. Penelitian Ini Menggunakan Rumus One Sample T-Test Dan Independent Sample T-Test. Analisis Data Dalam Penelitian Ini Menggunakan Analisis Statistik Deskriptif Dan Statistik Inferensial. Pengujian Hipotesis Menggunakan Person Dengan Bantuan Program SPSS 24.00 For Windows.
Berdasarkan Perhitungan Hasil Uji Hipotesis Independent Sample T-Test Berdasarkan Perhitungan Manual Yaitu Thitung= -1.703 Dan T(?,N-1)= 1,833. Dapat Disimpulkan Bahwa Perlakuan Teknik Permainan Tradisional Efektif Dalam Meningkatkan Karaktersiswakelas VII Di SMP Negeri 8 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Teknik Permainan Tradisional, Karakter Siswa
This Study Aims To Determine The Effectiveness Of Traditional Game Techniques To Improve The Character Of Students In Smp Negeri 8 Tarakan. This Research Uses Quantitative Research Design Through Quasi Eksperimen Approach. The Independent Variables Are Traditional Game Techniques And The Dependent Variable Is The Student Character. The Population In This Study Amounted To 90 Students And Sampling Using Purposive Sampling Technique Obtained As Many As 20 Students Smp Negeri 8 Tarakan. Instrument In This Research Use Student Character Scale With Likert Measurement Scale. This Research Uses One Sample Ttest And Independent Sample T-Test. Data Analysis In This Research Use Descriptive Statistical Analysis And Inferential Statistic. Hypothesis Testing Using Person With The Help Of Program SPSS 24.00 For Windows. Based On The Calculation Of Hypothesis Test Independent Sample T-Test Based On Manual Calculation Is Thitung = -1.703 And T (?, N-1) = 1.833. Can Be Concluded That The Traditional Game Techniques Are Effective In Improving The Character Of The Seventh Grade Students In SMP Negeri 8 Tarakan In The Academic Year 2017/2018. Keywords: Traditional Game Technique, Student Character