
Deskripsi Peran Orang Tua Terkait Hasil Belajar Dari Rumah Di SD Negeri 001 Peso
Pengarang : Januar Alfredo - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Pembelajaran yang dilakukan selama masa pandemi covid-19 mengharuskan orang tua untuk dapat mendampingi anak saat belajar di rumah oleh karena itu peranan dari orang tua harus dilaksanakan. Berkaitan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran orang tua terkait hasil belajar siswa di SD Negeri 001 Peso. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan lokasi penelitian yaitu di SD Negeri 001 Peso. Informan pada penelitian ini adalah orang tua siswa yang berjumlah empat orang tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Proses analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa orang tua siswa telah menjalankan perannya (1) sebagai fasilitator, yaitu orang tua telah menyiapkan semua fasilitas belajar kepada anak mulai dari telepon genggam, kuota internet, buku pelajaran dan alat tulis lainya. (2) sebagai pendorong, yaitu orang tua selalu memberikan motivasi kepada anak agar anak semangat dalam belajar, tetapi tidak cuma sebatas ucapan, orang tua juga memberikan anak motivasi dalam bentuk reward atau hadiah. (3) sebagai pembimbing, yaitu walaupun orang tua sibuk dalam bekerja dari pagi hari hingga sore hari tetapi orang tua sebisa mungkin untuk dapat mendampingi anak belajar di malam hari. (4) sebagai pendidik, selain mengawasi atau pembimbing orang tua juga berperan sebagai pendidik, dalam hal ini orang tua memberikan pengetahuan baru kepada anak dan perilaku baik kepada anak. Dari hasil wawancara dan observasi di atas maka dapat diambil kesimpulan orang tua berperan aktif dalam mendampingi anak pada pembelajaran jarak jauh.
Kata Kunci: Peran Orang Tua, Hasil Belajar, Belajar Dari Rumah (BDR)
Learning carried out during the covid-19 pandemic requires parents to be able to accompany their children while studying at home; therefore, the role of parents must be implemented. in this reagard, this study aims to describe the role of parents in student learning autcomes at SD Negeri 001 Peso. this study uses a descriptive qualitative method with the resesarch location in SD Negeri 001 Peso. the informants in this study were the parents of four students. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The process of data analysis through dara reduction, data presentation, and cobclusion, the results of this study indicate that parents of students have carried out their roles (1) as facilitators; parents have prepared all learning facilities for children starting from cell phones, internet quotas, textbooks, and other stationery. (2) as a motivator, parents always motivate children so that children are enthusiastic about learning, but it is not only limited to words; parents also give children motivation in the form of rewards or gifts. (3) as a mentor, even though parents are busy working from morning to evening, parents can be able to accompany their children to study at night. (4) as educators, in addition to supervising or mentoring parents, in this case, parents provide new knowledge to children and good behavior to children. From the interviews and observations above, it can be concluded that parents play an active role in assisting children in distance learning. Keywords: Role Of Parents, Learning Outcome, Learning From Home