
Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II A Di SDN 007 Tarakan
Pengarang : Anggun Dwi Wulandari - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumen. Data dianalisis berdasarkan teori Miles dan Huberman dengan urutan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa kelas II A di SDN 007 Tarakan. Peran guru dilakukan dengan berbagai penanganan, peran guru tersebut ialah sebagai demonstrator, pengelola kelas, mediator dan fasilitator serta evaluator. Peran guru dalam mengatasi kesulitan membaca permulaan siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang efektif dan menarik, menciptakan suasana dan kondisi belajar yang kondusif, menggunakan media pembelajaran dan memberikan fasilitas belajar yang dapat menunjang kegiatan belajar mengajar, serta mampu memberikan penilaian secara objektif. Adapun beberapa faktor penyebab kesulitan membaca permulaan siswa yaitu faktor internal yang disebabkan karena rendahnya minat membaca dari dalam diri siswa yang mengakibatkan kemalasan siswa dalam membaca dan faktor eksternal yang disebabkan karena kurangnya perhatian dan bimbingan membaca dari orang terdekat.
Kata Kunci: Peran Guru, Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Permulaan
This study aims to determine the teacher’s role in overcoming students’s pre-reading diffulties. The type of this research used a qualitative research instrument is the researcher himself and the data collection techniques used were observation, interviews, and documents studies. The data were analyzed based on the theory of Miles and Huberman with a sequence of steps of data reduction, data presentation, and concluding. The results of the study showed there is the teacher’s role in overcoming the pre-reading difficulties of grade II A students at SDN 007 Tarakan. The teacher’s role was carried out in various ways, the teacher’s role as a demonstrator, class manager, mediator and facilitator, and evaluator. The teacher’s role in overcoming students’ pre-reading difficulties by using effective and interesting methods, creating a conducive learning facilities that can support teaching and learning activities, and being able to provide an objective assessment. Several factors caused student’ pre-reading difficulties, there were internal factors caused by low interest in reading students itself which caused students laziness in reading, and external factors caused by lack of attention and reading guidance from the closest person to them. Keywords: Teacher's Role, Factors Causing Pre-Reading Difficulties