Perbandingan Resiliensi Akademik Dan Prestasi Belajar Antara Siswa Dari Keluarga Utuh Dan Keluarga Bercerai Pada Siswa Kelas VIII Dan IX Di MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Perbandingan Resiliensi Akademik Dan Prestasi Belajar Antara Siswa Dari Keluarga Utuh Dan Keluarga Bercerai Pada Siswa Kelas VIII Dan IX Di MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018

Perbandingan Resiliensi Akademik Dan Prestasi Belajar Antara Siswa Dari Keluarga Utuh Dan Keluarga Bercerai Pada Siswa Kelas VIII Dan IX Di MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018

Pengarang : Dwi Derang Amang - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Perbandingan Resiliensi Akademik Dan Prestasi Belajar Antara Siswa Dari Keluarga Utuh Dan Keluarga Bercerai Pada Siswa Kelas VIII Dan IX Di MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis Penelitian Yang Digunakan Adalah Komparatif Non-Eksperiment. Sampel Penelitian Berjumlah 20 Siswa Dari 252 Populasi Kelas VIII Dan IX Yang Terbagi Dalam Dua Kelompok, Yaitu Siswa Dari Keluarga Utuh Dan Keluarga Bercerai. Pengambilan Sampel Menggunakan Teknik Purposive Sampling Dan Quota Sampling. Instrumen Yang Digunakan Berupa Skala Resiliensi Akademik Dan Tes Prestasi Belajar Siswa Yang Dianalisis Hipotesisnya Menggunakan Independent T-Test.
Perhitungan Deskriptif Resiliensi Akademik Siswa Dari Keluarga Utuh Menunjukkan Nilai Sebesar 79,40 Dan Dari Keluarga Bercerai Sebesar 76,50. Sementara Itu, Perhitungan Deskriptif Prestasi Belajar Siswa Dari Keluarga Utuh Sebesar 81,050 Dan Keluarga Bercerai Sebesar 75,350. Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Tidak Terdapat Perbedaan Yang Signifikan Pada Resiliensi Akademik Antara Siswa Dari Keluarga Utuh Dan Keluarga Bercerai Dengan Nilai T Sebesar –0,406 (Thitung < Ttabel). Sementara Itu, Terdapat Perbedaan Yang Signifikan Pada Prestasi Belajar Antara Siswa Pada Keluarga Utuh Dan Keluarga Bercerai Dengan Nilai T Sebesar 2,995 (Thitung > Ttabel).

Kata Kunci: Resiliensi Akademik, Prestasi Belajar, Keluarga Utuh, Keluarga Bercerai

The Purpose Of This Research Was To Know The Comparizon Of Academic Resilience And Learning Achievement Between Student From The Intact Family And Divorced Family At Grade VIII Dan IX Of MTs Negeri Tarakan In The Academic Year 2017/2018. The Type Of Research Used In This Research Was Comparation NonExperimental. The Sample Of This Research Consisted Of 20 Students At Grade VIII And IX With Total Number Of Population 252 Students That Divide Into Two Groups: Student From The Intact Family And Divorced Family. The Sampling Technique Using Purposive Sampling And Quota Sampling. To Collect Data, I Used The Academic Resilience Scale And Learning Achievement Test, Than It’s Analyzed By Independent T-Test. The Deskcriptive Count Of Academic Resiliense Of Student From The Intact Family Showed Value 79,40 And The Divorced Family Showed Value 76,50. And Then, The Deskcriptive Count Of Learning Achievement Student From The Intact Family Showed Value 81,050 And From The Divorced Family Showed Value 75,350. The Result Showed There Was No Significant Differences About Academic Resilience Between Student From The Intact Family And Divorced Family Showed By Value Of T – 0,406 (Thitung < Ttabel). Meanwhile, There Was Significant Difference About Learning Achievement Showed By Value Of T 2,995 (Thitung > Ttabel). Keywords: Academic Resilience, Learning Achievement, The Intact Family, Divorced Family

Detail Informasi