Penerapan Strategi Reframing Untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2017/2018 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Penerapan Strategi Reframing Untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2017/2018

Penerapan Strategi Reframing Untuk Mengurangi Rasa Rendah Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2017/2018

Pengarang : Devita Nurkumala Dewi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Penurunan Skor Rasa Rendah Diri Siswa Sebelum Dan Sesudah Diberikan Strategi Reframing Terhadap Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan. Jenis Penelitian Ini Adalah Pre-Eksperimental Design Dengan Bentuk One Group Pretest-Posttest Dan Populasi Sebanyak 315 Siswa Serta Jumlah Sampel Dari Hasil Purposive Sampling Sebanyak 7 Siswa Di Kelas VIII. Teknik Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Ialah Teknik Analisis Statistik Deskriptif Untuk Menguji Rata-Rata Skor Perubahan Sebelum Dan Sesudah Diberikan Perlakuan, Yakni Sebesar 101.00 Menjadi 88.29, Dan Teknik Analisis Statistik Inferensial Untuk Menguji Hipotesis Menggunakan Uji Wilcoxon Dengan Bantuan Program SPSS 24.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Pemberian Perlakuan, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Probabilitas Diperoleh Nilai Asymp Sig = 0.018 < ? = 0,05 Yang Berarti Bahwa Ho Ditolak, Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Ada Penurunan Skor Rasa Rendah Diri Sebelum Dan Sesudah Diberikan Strategi Reframing Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Tarakan Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Rasa Rendah Diri, Strategi Reframing

This Study Aims To Determine The Decrease Of Inferiority Feeling’s Score Of Students Before And After Given Reframing Strategy For 8 Grade Students At SMP Negeri 5 Tarakan. The Type Of This Research Was Pre-Experimental Design With One Group Pretest-Posttest And Population Of 315 Students And Samples That Taked From Purposive Sampling Are 7 Students. Data Analysis Technique That Used Was Descriptive Statictical Analysis Technique To Test The Average Score Of Determited Before And After Given Treatment, That Is Equal To 101.00 Become 88.29, Decreased By12.71 Points Or 12.5%. An Inferential Statistical Analysis Technique That Used To Test The Hypotesis Is Wilcoxon Test With Help Of Program SPSS 24.0 For Windows. Based On The Result Of Research Before And After Treatment, Obtained The Results Of Hypotesis Test With Decision-Making Based On Probability Obtained Asymp Sig = 0.018 < α = 0.05 which means that H0 was rejected, it can be conclued that there was a decrease in inferiority feelings score before and after given the reframing strategy on 8th grade students in SMP Negeri 5 Tarakan years 2017/2018. Keywords: Inferiority Feelings, Reframing Strategy

Detail Informasi