
Pengaruh Teknik Penguatan Positif Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa TK Karya Pertiwi Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Wahyu Septianing Putri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik penguatan positif, terhadap kejenuhan belajar siswa TK Karya Pertiwi Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan time series design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa TK Karya Pertiwi Tarakan yang berjumlah 105 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 5 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis grafik dan deskriptif.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil observasi pretest yang menunjukkan kejenuhan belajar siswa yang menjadi sampel penelitian berada pada kategori tinggi sedangkan hasil observasi posttest menunjukkan kejenuhaan belajar siswa mengalami penurunan menjadi kategori rendah. Maka dapat disimpulkan bahwa teknik penguatan positif dapat berpengaruh terhadap kejenuhan belajar siswa TK Karya Pertiwi Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Penguatan Positif, Kejenuhan Belajar, Siswa TK
The purpose this research to know the effect of Positive Reinforcement Techniques to Saturation Learning students TK Karya Pertiwi Tarakan in Academic Year 2016/2017. The method of research used in this research was time series design. Population in this research was students of TK Karya Pertiwi Tarakan with total number 105 and the sample consisted of 5 students. The sampling techniques used in this research was purposive sampling. Method of data collection in research used was observation. White method of data analysis used in this research was chat analysis and descriptive techniques. Based on the result research, it is abtained that the result of pretest observation represent saturation learning students that the sample of research at the high category while result of posttest observation represent saturation learning students decrease become low category. Therefore, it can be concluded that the positive reinforcement techniques is effect to saturation learning students TK Pertiwi Tarakan in the academic year 2016/2017. Keywords: Positive Reinforcement, Saturation Learning, Kindergarten