
Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Terhadap Interaksi Sosial Asosiatif Siswa Kelas XII IPA Di SMA Muhammadiyah Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Tri Saputro - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik role playing terhadap interaksi sosial asosiatif siswa kelas XII IPA SMA Muhammadiyah Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 73 siswa dan sampel 6 siswa SMA Muhammadiyah Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala interaksi sosial asosiatif siswa dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala interaksi sosial asosiatif dengan hasil dari 60 butir pernyataan terdapat 33 butir yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji wilcoxon dikorelasikan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,027 ˂ α = 0,05 maka H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik role playing terhadap interaksi sosial asosiatif siswa kelas XII IPA SMA Muhammadiyah Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Teknik Role Playing, Interaksi Sosial Asosiatif Siswa
The purpose of this research was to find out the influence of group counseling server with role playing techniques to associative student social interaction in SMA Muhammadiyah Tarakan Academic Year 2016/2017. This research was a pre-experimental research using one group pretest- posttest design. The population in this study was 73 students at which using 6 students as samples of SMA Muhammadiyah Tarakan. Methods of data collection in this study used a scale of associative student social interaction with Likert scale. This study used product moment to test the validity of the associative student social interaction scale that the results 33 valid items of 60 items. Data analysis techniques in this research were descriptive and inferential analysis using the Wilcoxon test correlated using SPSS 22.0 for windows. Based on the result of the before and after research treatment, it is obtained that the results of hypothesis testing based on the probability values is symp sig = 0,027 < α = 0,05 so H0 is rejected. Thus, it can be concluded that there is an influence of group counseling server with role playing techniques to associative social interactions students in SMA Muhammadiyah Tarakan Academic Year 2016/2017. Keywords: Group Counseling, Role Playing Techniques, Associative Student Social Interaction