Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Mulawarman Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Mulawarman Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII Di SMP Mulawarman Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengarang : Syamsuddin Arif Fadillah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa kelas VIII di SMP Mulawarman Tarakan tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 158 siswa kelas VIII di SMP Mulawarman Tarakan dan sampel 32 siswa kelas VIII di SMP Mulawarman Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala dukungan sosial teman sebaya dan penyesuaian diri dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala dukungan sosial teman sebaya dan penyesuaian diri dengan hasil dari 38 butir pernyataan terdapat 22 butir yang valid dan dukungan sosial teman sebaya dengan hasil dari 52 butir pernyataan terdapat 31 valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial dikorelasikan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,246, bila hasil tersebut dibandingkan dengan rtabel = 0,349 pada taraf signifikansi α = 5% dengan N = 32 maka rhitung = 0,246 < rtabel = 0,349, sehingga hasil ini menunjukan bahwa ada hubungan yang positif tapi tidak signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan penyesuaian diri siswa kelas VIII SMP Mulawarman Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Dukungan Sosial Teman Sebaya, Penyesuaian Diri

This study aims to determine the relationship of social support to the adjustment peer eighth grade students in junior high school lesson Mulawarman Tarakan year 2016/2017. This type of research is quantitative descriptive correlational research. The population in this research were 158 eighth grade students in junior Mulawarman Tarakan and sample 32 eighth grade students in junior Mulawarman Tarakan. The method of collecting data in this study using a scale of peer social support and adjustment to the Likert scale. This study uses a formula product moment to test the validity of the scale of peer social support and adjustment to the results of a 38-point declaration there are 22 items that valid and peer social support with the results of the 52-point declaration there were 31 valid. Data analysis techniques in this research was descriptive and inferential statistics were correlated using SPSS 22.0 for windows. Based on the calculation of correlation coefficient obtained by the coefficient value of 0.246, when the results are compared with rtabel = 0.349 at significance level α = 5% with N = 32 then rhitung = 0.246 < rtabel = 0.349, so this result indicates that there is no relationship between social support friend coeval with the adjustment to the eigth grade students of SMP Mulawarman Tarakan in academic year 2016/2017. Keywords: Social Support Peers, Adjustment

Detail Informasi