
Pengaruh Teknik Permainan Interaktif Terhadap Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas VII Di MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Nurjannah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik permainan interaktif terhadap komunikasi interpersonal peserta didik kelas VII di MTs negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 150 peserta didik dan sampel 10 peserta didik kelas VII di MTs Negeri Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala komunikasi interpersonal peserta didik dengan skala likert. Peneliti menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala komunikasi interpersonal peserta didik dengan hasil dari 54 butir pernyataan terdapat 29 butir yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji wilcoxon dikorelasikan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,018 ˂ α = 0,05 maka H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik permainan interaktif terhadap komunikasi interpersonal peserta didik yang rendah di MTs Negeri Tarakan tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Teknik Permainan Interaktif, Komunikasi Interpersonal
The purpose of this research was to know the for influence of interactive game techniques towards interpersonal communication seventh grade students of MTs Negeri Tarakan in academic year 2015/2016". This research was a pre-experimental research design which using one group pretest-posttest design. The population in this study were 150 students while there were 10 students class VII of the as samples MTs Negeri Tarakan. Methods of data collection in this research used a scale of students interpersonal communication with Likert scale. The research used product moment to test the validity of the scale which resulted 29 valid items of 54 items. Data analysis techniques in this research were descriptive and inferential analysis using the Wilcoxon test which correlated with SPSS 22.0 for windows. Based on the results of research before and after treatment, result calculation hypothesis test by decision-making based on the probability that the value asymp sig = 0,018 ˂ α = 0.05, Ho is rejected, can be concluded that there is the influence of interactive game techniques towards low interpersonal communication students at class VII in MTs Negeri Tarakan in academic year 2015/2016. Keywords: Interactive Game Techniques, Interpersonal Communication