Pengaruh Permainan Menggambar Terhadap Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Permainan Menggambar Terhadap Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengaruh Permainan Menggambar Terhadap Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengarang : Fitri Nashri Ashari - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat kreativitas siswa yang tidak diberi perlakuan permainan menggambar, tingkat kreativitas siswa yang diberi perlakuan teknik permainan menggambar, pengaruh permainan menggambar terhadap kreativitas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan menggambar terhadap kreativitas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tru-experimental design dengan bentuk posttest-only control design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 343 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan dan sampel 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kreativitas siswa dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala kreativitas siswa dengan hasil dari 40 butir pernyataan terdapat 24 butir yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial menggunakan program SPSS 22 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil thitung sebesar 8,367 sementara ttabel dengan db N-1 = 5 dan taraf siginifikan 5% (0,05) sebesar 2,145. Berdasarkan hasil pengelolaan t-test dengan menggunakan SPSS 22 for windows menunjukkan thitung > ttabel atau 8,367 > 2,145 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh permainan menggambar terhadap kreativitas siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan tahun pelajaran 2015/2016.

Kata Kunci: Permainan Menggambar, Kreativitas Siswa

The problem statement in this research was the level of Students creativity untreatment and treatment drawing games, the level of Students creativity untreatment and treatment drawing games, the given effect of drawing games towards the Students creativity for eight grade students at SMP Negeri 1 Tarakan in academic year 2015/2016. This research aims to know the effect of drawing games to the Students creativity for eight grade students at SMP Negeri 1 Tarakan in academic year 2015/2016. The method of this research was a true-experimental design in form one group posttest only control design. The population in this research were 343 students of eight grade students at SMP Negeri 1 Tarakan and the sample of 30 students at of eight grade students at SMP Negeri 1 Tarakan in academic year 2015/2016. The method of data collection in this research used questionnaires of creativity with Likert scale. This research used a product moment formula to test the validity of creativity with the results from 40 questions contained 24 was valid questions. The technique at data analysis in this research were a descriptive statistics and inferential statistics were correlated using SPSS 22 for windows. Based on the research, the result of t-count was 8,367 while t table with db N-1 = 5 and the significant level of 5% (0.05) was 2,145. Based on the results of management of t-test used SPSS 22 for windows show t-count > t table or 8,367 > 2,145 so it can be concluded that there was influence Drawing games towards the Students Creativity for eight grade students at SMP Negeri 1 Tarakan in Academic year 2015/2016". Key Words: Modeling Techniques, Drawing Games

Detail Informasi