
Pelaksanaan Layanan Konseling Pada Siswa Berperilaku Agresif Nonverbal (Studi Kasus Di SMA Hang Tuah Tarakan) Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Dwi Indah Aidha Mulyaningsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling yang dilakukan oleh guru Bimbingan dan Konseling melalui keterampilan konseling pada siswa yang memiliki perilaku agresif nonverbal. Penelitian ini dilakukan di SMA Hang Tuah Tarakan dengan subjek 1 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah dari kedua belas keterampilan konseling yang ada pada saat konseling dilaksanakan berdasarkan teori dari Cakhuff (dalam Abimanyu, 2009), saat observasi penelitian dilaksanakan, Guru Bimbingan dan Konseling telah melaksanakan sembilan keterampilan konseling.
Kata Kunci: Pelaksanaan Layanan Konseling, Berperilaku Agresif Nonverbal
This study aims to investigate the implementation of counseling services performed by the teacher guidance and counseling through counseling skills in students who have aggressive behavior nonverbal. This research was conducted in SMA Hang Tuah Tarakan with one respondent subject. Data collection techniques used were observation, interviews and documentation. Data analysis technique used is the data reduction, data display and conclusion. The results obtained are of the twelfth counseling skills that exist at the time of counseling carried out based on the theory of Cakhuff (in Abimanyu, 2009), when the observation is carried out research, guidance and counseling teachers have carried out nine counseling skills. Keywords: Implementation of Counseling Services, Aggressive Nonverbal Behavior