
Penerapan Teknik Role Play Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Kelas XI SMA Frater Don Bosco Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016
Pengarang : Dimas Miftahul Huda - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penerapan teknik role play terhadap kepercayaan diri siswa. Adapun tujuan dari skripsi ini, untuk mengetahui bagaimana penerapan teknik role play terhadap kepercayaan diri siswa.
Skripsi ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling (PTBK). Populasi sebanyak 78 siswa dan sampel diambil sebanyak 12 siswa, dengan menggunakan teknik Proportionate Stratified Random Sampling. Pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan dokumentasi dan skala kepercayaan diri. Hasil uji validitas skala kepercayaan diri dari 48 soal terdapat 22 soal yang valid.
Hasil analisis data menggunakan uji wilcoxon menunjukkan T-hitung 78 ≥ T-tabel 13 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya penerapan teknik role play dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa. Guru bimbingan konseling diharapkan dapat menerapkan teknik role play guna meningkatkan kepercayaan diri siswa.
Kata Kunci: Role Play, Kepercayaan Diri
Problem of this study is how the application of role play technique toward students’ self confidence. The purpose of this study is to know how the application of role play technique toward students’ the self confidence. This study is using a guidance counseling action study. The population of this study 78 students and takes 12 students as samples, it’s using proportionate stratified random sampling technique. Data collection of this study is using documentation and self confidence scale. The test validity of self confidence scale result of 48 items, there are 22 items are valid. The result of data analisis using wilcoxon test result showed T-count 78 ≥ T-table 13. So Ha is accepted and Ho is rejected. It means that the application of role play technique can increase the studens’ self confidence. The guidance counseling expected to apply role play technique to increase the studens’t self confidence. Keywords: Role Play, Self Confidence