Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengarang : Baharuddin - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu 189 siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan dan sampel 39 siswa kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar siswa dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala keharmonisan keluarga dan motivasi belajar dengan hasil dari 32 butir pernyataan terdapat 23 butir yang valid dan keharmonisan keluarga dengan hasil dari 32 butir pernyataan terdapat 25 valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial dikorelasikan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi diperoleh nilai koefisien sebesar 0,366, bila hasil tersebut dibandingkan dengan rtabel = 0,316 pada taraf signifikansi α = 5% dengan N = 39 maka rhitung = 0,366 > rtabel = 0,316, sehingga hasil ini menunjukan bahwa terdapat hubungan antara Keharmonisan Keluarga Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Keharmonisan Keluarga dan Motivasi Belajar

This study aims to know the Relation of Family Harmonization and Students Learning Motivation in XI Class at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan 2016/2017 Academic Year. This type of research is quantitative descriptive correlational research. The population in this research were 189 respondents in XI class at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. The research also used likert scale in gathering data. This researcher used product moment formula to examine the scale validate between family harmonization and students learning motivation and adjustment to the results of a 32 point declaration there are 23 items that valid and family harmonization with results of the 32 point declaration there were 25 valiid. Data analysis techniques in this research was descriptive and inferential statistics were correlated using SPSS 22.0 for windows. Based on the calculation of correlation coefficient obtained by the coefficient value of 0,366, when the results are compared with rtable = 0,316 at significance level ɑ = 5% with N = 39 then rhitung = 0,366 > rtabel = 0,316, so this result indicates that there is yes relationship between Family Harmonization and Students Learning Motivation in XI Class at Madrasah Aliyah Negeri Tarakan 2016/2017 Academic Year. Keywords: Family Harmonization And Learning Motivation

Detail Informasi