Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengarang : Anggy Widyaning Astiwi - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya Pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest desaign. Populasi dalam penelitian ini yaitu 307 siswa dan sampel 10 siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala interaksi sosial antar teman sebaya dengan skala Likert. Penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala kemandirian siswa dengan hasil dari 40 butir pernyataan terdapat 27 butir yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji wilcoxon dikorelasikan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,005 ˂ α = 0,05 maka H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan asertif terhadap interaksi sosial antar teman sebaya pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Latihan Asertif, Interaksi Sosial Antar Teman Sebaya

The purpose of this research was to know The Effect of Assertive Training to Social Interaction among Peers Students in grade VIII of SMP Negeri 3 Tarakan in Academic Year 2016/2017”. This research used pre-experimental research design which used one group pretest-posttest design. The population in this research was 307 students while used 10 students as sample in grade VIII of SMP Negeri 3 Tarakan. Technique of data collection in this research used a scale of Likert scale. This research used product moment to test the validity of the peers social interaction students scale that the results was 27 valid items of 40 items. Techniques of data analysis in this research was descriptive and inferential analysis using the Wilcoxon test were correlated using SPSS 22.0 for windows. Based on the research results before and after treatment, the result calculation hypothesis test decision-making based on the probability that the value asymp sig = 0,005 ˂ α = 0.05, Ho is rejected, it can be concluded that there is the effect of assertive training to social interaction among peers students in grade VIII of SMP Negeri 3 Tarakan in Academic Year 2016/2017”. Keywords: Assertive Training, Social Interaction Among Peers

Detail Informasi