
Hubungan Manajemen Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa Di Kelas X SMK Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018
Pengarang : Sandy Julio Verdika Bachri - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Hubungan Manajemen Diri (X1) Dan Dukungan Sosial (X2) Dengan Motivasi Belajar Siswa (Y). Jenis Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Korelasi Ganda. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas X SMK N 2 Tarakan Yang Berjumlah 534 Siswa. Jumlah Sampel Dalam Penelitian Ini Adalah 205 Siswa, Yang Diambil Dengan Teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Menggunakan Instrumen Angket.
Kesimpulan Penelitian Ini Adalah (1) Ada Hubungan (X1) Dengan (Y) Ditunjukkan Dengan Rhitung = 0,760 Lebih Besar Dari Pada Rtabel = 0,1370 Pada N= 205 Dengan Taraf Signifikasi ? = 5%. (2) Ada Hubungan (X2) Dengan (Y) Ditunjukkan Dengan Nilai Rhitung = 0,844 Lebih Besar Dari Pada Rtabel = 0,1370 Pada N= 205 Dengan Taraf Signifikasi ? = 5%. (3) Ada Hubungan (X1) Dan (X2) Dengan (Y) Ditunjukkan Dengan Nilai Sig Nya 0,000 < 0,05, Dengan Nilai Korelasi = 0,867, Didapatkan Juga Nilai R Square 0,752 Artinya Motivasi Belajar Siswa Ditentukan Oleh 75,2% Manajemen Diri Dan Dukungan Sosial Sedangkan 24,8% Dipengaruhi Faktor Lain. Sehingga Hasil Ini Menunjukan Bahwa Terdapat Hubungan Antara Manajemen Diri Dan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMK N 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Manajemen Diri, Dukungan Sosial
The Purpose Of This Research Is To Know, (1) Relationship Of Self-Management With Learning Motivation Of Students Of Class X SMK N 2 Tarakan, (2) Social Support Relationship With Student Learning Motivation Class X SMK N 2 Tarakan, And (3) Social With Student Learning Motivation Class X SMK N 2 Tarakan. The Type Of Research Used In This Study Is A Double Correlation. Variables In This Study Self-Management (X1), Social Support (X2), And Student Learning Motivation (Y). The Population In This Study Is The Students Of Class X SMK N 2 Tarakan Which Amounted To 534 Students. The Number Of Samples In This Study Were 205 Students Taken With Simple Random Sampling Technique. Data Collection In This Study Using Questionnaire Instrument. The Data Is Processed By Data Analysis Techniques Using Descriptive And Inferential Statistics. The Conclusion Of This Research Is (1) There Is A Relationship Of Selfmanagement With Student Learning Motivation Shown By Rhitung = 0,760 Bigger Than At Rtabel = 0,1370 At N = 205 With Significance Level ? = 5%. (2) There Is Relationship Of Social Support With Student Learning Motivation Shown With Value Rhitung = 844 Bigger Than At Rtabel = 0,1370 At N = 205 With Significance Level ? =5%. (3) There Is A Relationship Of Self-Management And Social Support With Student Lerning Motivation Is Shown With The Value Of Sig 0.000 < 0.05, with correlation value = 870, also obtained value of R Square 752 mean learning motivation of student of class X SMK N 2 Tarakan determined by 75, 2% self-mangement and Social support while 24,8% influenced by other factors. So this result shows that there is a relationship between Self-Management and social support with Students Learning Motivation of student of class SMK N 2 Tarakan year 2017/2018. Keywords: Learning Motivation, Self-Management, Social Support