
Pengaruh Teknik Pemecahan Masalah (Problem Solving) Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Riski Eliya Yudanti - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pemecahan masalah terhadap kesulitan belajar siswa kelas VIII MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan menggunakan one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian siswa kelas VIII yang berjumlah 130 siswa. Peneliti menggunakan skala kesulitan belajar dengan skala likert dan menggunakan purposive sampling untuk mengambil sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 15 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan uji wilcoxon menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian treatment, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,001 = 0,05 maka H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik pemecahan masalah terhadap kesulitan belajar siswa yang rendah di MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Teknik Pemecahan Masalah, Kesulitan Belajar
The objective of the research was to know the effect of problem solving to word the students’ learning difficulties at eight grade of MTs Negeri Tarakan in 2016/2017 Academic Year. The research was a pre-experimental design which used one group pretest-posttest design. The population of the research students of class VIII. The number of population was 130 students’. The researcher used a scale of the students’ learning difficulties with Likert scale and used purposive sampling to take the sample. The number of sample of the research was 15 students. The technique of analysis data in the research was descriptive and inferential analysis with Wilcoxcon test. It was done by using SPSS 22.0 for windows. Based on the results of the research before and after treatment, the result of the calculation hypothesis test decision-making based on the probability that the value asymp sig = 0,001 = 0,05, H0 was rejected, it could be concluded that there was in influence of problem solving to whom low self learning difficulties students at class eight in MTs Negeri Tarakan 2016/2017 academic year. Keywords: Problem Solving, Learning Difficulties