
Keefektifan Konseling Realitas Terhadap Perilaku Agresif Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018
Pengarang : Norafidah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Apakah Konseling Realitas Efektif Mengatasi Perilaku Agresif Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Quasi Eksperimen Design Dengan Bentuk Non Equevalent Control Group Design. Populasi Dalam Penelitian Ini Yaitu 136 Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan Dan Sampel 15 Siswa Pada Kelompok Eksperimen, 15 Siswa Pada Kelompok Kontrol Yang Berada Di Kelas IX MTs Negeri Tarakan. Metode Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Menggunakan Angket Perilaku Agresif Dengan Skala Likert. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Adalah Teknik Analisis Deskriptif Dan Uji Hipotesis Menggunakan Independent Sample T-Test Dengan Bantuan Program SPSS 22.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Diberikan Konseling Realitas, Diperoleh Nilai Probabilitas 0,000 < 0,005 Dan Nilai T Test Diperoleh Thitung < Ttabel = -7,617 < 1,701. Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Konseling Realitas Efektif Dalam Mengatasi Perilaku Agresif Siswa Kelas IX MTs Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Konseling Realitas, Perilaku Agresif
The Purpose Of This Research Was To Know Whether The Reality Counseling Effectively Overcome The Aggressive Behavior Of Students Of Class IX MTs Negeri Tarakan In Academic Year 2017/2018. This Research Was A Quasi Experimental Design Which Non Equevalent Control Group Design. The Population In This Study Were 136 Students Of IX MTs Negeri Tarakan And 15 Students In The Experimental Group, 15 Students In The Control Group Who Were In IX MTs Negeri Tarakan. Methods Of Data Collection In This Research Using A Questionnaire Of Aggressive Behavior With Likert Scale. The Data Analysis Techniques In This Research Is Descriptive Analysis Technique And Hypothesis Test Using Independent Sample T-Test With The Help Of SPSS 22.0 For Windows Program. Based On The Results Of Research Before And After Given Reality Counseling, Obtained Value Probability 0,000 < 0,005 And Value T Test Thitung < Ttabel = -7,617 < 1,701. So It Can Be Concluded That The Counseling Reality Is Effective In Overcoming The Aggressive Behavior Of Students Of Class IX MTs Negeri Tarakan In Academic Year 2017/2018. Keywords: Reality Counseling, Aggressive Behavior