
Keefektifan Pendekatan Konseling Realitas Terhadap Perilaku Kedisiplinan Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018
Pengarang : Muhammad Adriansyah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Jenis Penelitian Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Penelitian Pre Eksperimental One Group Pre Test And Post Test Design. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018 Yang Berjumlah 350 Siswa. Teknik Sampling Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Yaitu Purposive Sampling, Dan Sampel Penelitian Ini Berjumlah 10 Siswa. Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian Ini Dengan Menggunakan Metode Angket Kedisiplinan Sedangkan Metode Analisis Data Yang Digunakan Dalam Penelitian Ini Adalah Statistik Non Parametrik Dengan Menggunakan Uji Wilcoxon.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Pemberian Perlakuan, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Probabilitas Diperoleh Nilai Asymp Sig = 0,005 ? ? = 0,05 Maka H0 Ditolak Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Ada Pengaruh Teknik Konseling Realitas Terhadap Kedisiplinan Siswa Yang Rendah Di SMP Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Konseling Realitas, Kedisiplinan
Type Of Research Used In This Research Is Pre Experimental One Group Pre Test And Post Test Design. The Population In This Study Is The Students Of Class VIII SMP Negeri 2 Tarakan Year 2017/2018 Lessons Which Amounted To 350 Students. The Sampling Technique Used In This Study Is Purposive Sampling, And The Sample Of This Study Amounted To 10 Students. Data Collection Method In This Study By Using The Method Of Discipline Questionnaire While The Data Analysis Method Used In This Study Is Non Parametric Statistics Using Wilcoxon Test. Based On The Results Of Research Before And After Treatment, Obtained The Results Of Hypothesis Test Calculation With Decision-Making Based On The Probability Of Asymp Values Obtained Sig = 0.005 ? ? = 0.05 Then H0 Rejected It Can Be Concluded That There Is Influence Of Reality Counseling Techniques To Low Student Discipline In Junior High Country 2 Tarakan Year Lesson 2017/2018. Keywords: Counseling, The Reality Of Discipline