
Pengaruh Teknik Self-Talk Terhadap Perilaku Merokok Siswa Di SMA Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018
Pengarang : Merlina - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Teknik Self-Talk Terhadap Perilaku Merokok Siswa Di SMA Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Pre-Eksperimental Design Dengan Bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi Dalam Penelitian Ini Yaitu 254 Siswa Dan Pengambilan Sampel Menggunakan Teknik Purposive Sampling Dengan Jumlah Sampel Yang Didapatkan Sebanyak 7 Orang Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 3 Tarakan. Metode Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Menggunakan Skala Perlaku Merokok Siswa Dengan Skala Likert. Peneliti Menggunakan Rumus Product Moment Untuk Uji Validitas Skala Perilaku Merokok Siswa Dengan Hasil Dari 40 Item Pernyataan Terdapat 23 Item Yang Valid. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Adalah Teknik Analisis Deskriptif Dan Inferensial Dengan Menggunakan Uji Wilcoxon Menggunakan SPSS 22.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Pemberian Perlakuan, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Probabilitas Diperoleh Nilai Asymp Sig = 0,18 < ? = 0,05 Maka H0 Ditolak, Dapat Disimpulkan Bahwa Ada Pengaruh Teknik Self-Talk Terhadap Perilaku Merokok Siswa Yang Tinggi Menjadi Rendah Di SMA Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Self-Talk, Perilaku, Merokok
This Study Aims To Determine The Influence Of Self-Talk Techniques On Smoking Behavior Of Students In SMA Negeri 3 Tarakan Year Lesson 2017/2018. The Type Of This Research Is Pre-Experimental Design With One Group Pretest-Posttest Design. The Population In This Research Is 254 Students And Sampling Using Purposive Sampling Technique With The Number Of Samples Obtained As Many As 7 Students Of Class XI In SMA Negeri 3 Tarakan. Methods Of Data Collection In This Study Using The Scale Of Smoking Students With Likert Scale. Researchers Use Product Moment Formula To Test The Validity Of The Scale Of Smoking Behavior Of Students With The Results Of 40 Items Statement There Are 23 Valid Items. Data Analysis Technique In This Research Is Descriptive And Inferential Analysis Technique Using Wilcoxon Test Using SPSS 22.0 For Windows. Based on the results of research before and after the treatment, obtained the results of hypothesis test calculation with decision-making based on the probability of asymp values obtained sig = 0.18 < α = 0.05 then H0 rejected, it can be concluded that there is influence of self-talk technique on student smoking behavior the high became low in SMA Negeri 3 Tarakan year lesson 2017/2018. Keywords: Self-Talk, Behavior, Smoking