
Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP N 2 Malinau Barat Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Krispin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengatahui Hubungan Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Malinau Barat Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Deskriptif Kuantitatif Korelasional Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah 96 Siswa Dan Sampel 18 Siswa. Istrumen Yang Digunakan Adalah Kuesioner Untuk Mengukur Skala Pola Asuh Permisif Orang Tua Dan Kemandirian Belajar. Penelitian Ini Menggunakan Rumus Product Moment Untuk Uji Validitas. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Adalah Teknik Analisis Deskriptif Dan Statistik Inferensial Dikorelasikan Menggunakan Program SPSS 22.0 For Windows.
Berdasarkan Perhitungan Koefisien Korelasi Diperoleh Nilai Koefisien Korelasi Sebesar 0,108, Bila Hasil Tersebut Dibandingkan Dengan Rtabel =0,220, Pada Taraf Signifian ? = 5%, Dengan N = 18, Maka Rhitung = 0,108 < Rtabel =0,220 Sehingga Hasil Ini Menunjukkan Bahwa Tidak Ada Hubungan Antara Pola Asuh Permisif Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 2 Malinau Barat Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Pola Asuh Permisif Orang Tua, Kemandirian Belajar
This Study Aims To Analyze The Correlation Between Permissive Upbringing Of Parents And Students’ Autonomy Learning At SMP Negeri 2 Malinau Barat In Academic Year 2016/2017. The Type Of This Research Is Descriptive Quantitative (Correlational Reseach). The Population In This Reseach Was 96 Eighth Grade Students In SMP Negeri 2 Malinau Barat And The Sample Was 18. The Instrument Used In This Research Was Questionnaire To Measure The Scale Of Permissive Upbringing Of Parents And Students’ Autonomy Learning At SMP Negeri 2 Malinau Barat In Academic Year 2016/2017. Data Analysis Techniques In This Research Was Descriptive And Inferensial Statistics By Using SPSS 22.0 For Windows. Based On The Calculation Of Correlation Coefficien, It Was Obtained That The Correlation Coefficient = 0.108, If The Results Are Compared With Rtabel = 0.220, At The Significance Level ? = 5% And N = 18, Then Rcount (0.108) Was Lower Than Rtable (0.220). It Show That There Is No Correlation Between Permissive Upbringing Of Parents And Students’ Autonomy Learning At SMP Negeri 2 Malinau Barat In Academic Year 2016/2017. Key Words: Permissive Upbringing, Autnomy Learning