
Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Hari Wahyudi - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Konsep Diri Siswa Di SMA Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017 Jenis Penelitian Ini Adalah Pre-Eksperimental Design Dengan Bentuk One Group Pretest-Posttest Desaign. Populasi Dalam Penelitian Ini Adalah 280 Siswa Dan Sampel 10 Siswa SMA Negeri 2 Tarakan. Metode Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Menggunakan Skala Konsep Diri. Penelitian Ini Menggunakan Rumus Product Moment Untuk Uji Validitas Skala Konsep Diri Dengan Hasil Dari 45 Butir Pernyataan Terdapat 22 Butir Yang Valid. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Adalah Teknik Analisis Deskriptif Dan Inferensial Dengan Menggunakan Uji Wilcoxon Dikorelasikan Menggunakan Program SPSS 22.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Pemberian Perlakuan, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Probabilitas Diperoleh Nilai Asymp Sig = 0,005 ? ? = 0,05 Maka H0 Ditolak Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Ada Pengaruh Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Konsep Diri Siswa Di SMA Negeri 2 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Teknik Diskusi Kelompok, Konsep Diri
This Study Aims To Determine The Effect Of Group Discussion Techniques To The Self Concept Of Students At SMAN 2 Tarakan In The School Year 2016/2017 This Type Of Research Is Pre-Experimental Design To Form One Group Pretest-Posttest Desaign. The Population In This Study Were 280 Students And 10 Sample SMA Negeri 2 Tarakan. Methods Of Data Collection In This Study Using Self-Concept Scale. This Study Uses A Formula Product Moment To Test The Validity Of Self-Concept Scale With The Result Of 45 Point Statement That There Are 22 Valid Items. Data Analysis Techniques In This Research Is Descriptive And Inferential Analysis Techniques Using Wilcoxon Test Were Correlated Using SPSS 22.0 For Windows. Based On The Results Before And After Treatment, The Result Of Calculation Hypothesis Test Decision-Making Based On The Probability That The Value Asymp Sig = 0.005 ? ? = 0.05, H0 Is Rejected It Can Be Concluded That There Is A Group Discussion Techniques Influence To The Self Concept Of Students At SMA 2 Tarakan 2016/2017 School Year. Keywords: Group Dicussion Techniques, Self Concept