
Efektivitas Bimbingan Kelompok Berbasis Islami Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Eriska Sabilia - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan Penelitian Ini Untuk Mengetahui Efektifitas Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Penelitian Ini Dilaksanakan Januari Sampai Februari 2017.
Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Quasi Eksperimen Design Dengan Bentuk Non Equevalent Control Group Design. Populasi Dalam Penelitian Ini Yaitu 188 Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Dan Sampel 8 Siswa Pada Kelompok Eksperimen 8 Kelompok Kontrol Yang Berada Di Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Metode Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Menggunakan Skala Kecerdasan Emosional Dengan Skala Likert. Penelitian Ini Menggunakan Rumus Product Moment Untuk Uji Validitas Skala Kecerdasan Emosional Dengan Hasil Dari 60 Butir Peryataan Terdapat 31 Butir Yang Valid. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Adalah Analisis Deskriptif Dan Analisis Inferensial Dengan Bantuan Program SPSS Versi 22.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Setelah Pemberian Perlakuan, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Diperoleh Thitung = 4,303 Dan –T(A,N-1) = 1,7613. Berdasarkan Hasil Uji Hipotesis Independent Sampel T-Test Menunjukan Thitung < T(A,N-1)= 4,303 < 1,7613 Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Bimbingan Kelompok Berbasis Islam Efektif Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas XI Di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Berbasis Islam, Kecerdasan Emosional
The Purpose Of This Research Is To Understand The Effectiveness Of Islamic Guidance Based Group To Improve Emotional Intelligence Grade XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan In The School Year 2016/2017. This Research Was Held On January To February, 2017. The Type Of This Research Is Quasy Experimental Design Research With Nonequivalent Control Group Design. The Population Of This Research Are 188 Students From Class XI Madrasah Aliyah Negeri, Tarakan And Up To 8 Student In Experiment Group Plus 8 Students In Control Group From Class XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. The Method That Use To Collect The Data Used The Scale Learning Difficulties With Skala Likert. This Research Used Product Moment Formula For Validity Test Scale Learning Difficulties With Result 60 Points Questions Have 31 Points Have Valid. The Analysis Data From This Research Is Descriptive Analysis And Inferensial Analyts With The Helped From SPSS Program Version 22.0 For Windows. Based On Research Result Before And After The Applide, Obtained Test Result Hypothetical Calculation Thitung = 4,303 And –T(A,N-1) = 1,7613. Based On Hypothetical Independent Sampel T-Test Shows Thitung < T(A,N-1)= 4,303 < 1,7613. So It Can Be Concluded The Islamic Based Group Counseling Is Effective In Improve Emotional Intelligence Class XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan In The School Years 2016/2017. Key Words: Islamic Guidance Based Group, Emotional Intelligence