
Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanamkan Nilai Moral Yang Positif Pada Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Donna Veronica Olfyani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Tentang Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Menanamkannilai Moral Yang Positif Pada Siswa.Jenis Penelitian Ini Adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif. Penelitian Ini Dilakukan Di SMP Negeri 8 Tarakan Dengan Subjek Utama Penelitian Yaitu Guru Bimbingan Dan Konseling Dan Data Sekunder Diambil Dari Guru Mata Pelajaran Dan 2 Orang Siswa. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Wawancara, Observasi, Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Data Dengan Menggunakan Keabsahan Data Yang Diperoleh Dengan Reduksi Data, Penyajian Data, Dan Penarikan Kesimpulan.
Adapun Hasil Penelitian Ini Adalah Adanya Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Penanaman Nilai Moral Yang Positif, Meskipun Secara Tidak Langsung Nilai Moral Siswa Terbentuk Karena Faktor Keluarga Maupun Lingkungan Yang Sangat Berpengaruh Bagi Kehidupannya. Guru Bimbingan Dan Konseling Memberikan Layanan Kepada Siswanya Sesuai Permasalahan Yang Siswanya Alami. Guru Bimbingan Dan Konseling Membimbing Dan Menasehati Siswa Tersebut Untuk Penyelesaian Atas Permasalahannya Setelah Itu Memberikan Kesempatan Pada Siswa Tersebut Untuk Merubah Perilakunya Yang Terwujud Dalam Penanaman Nilai Moral Yang Positif.
Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan Dan Konseling, Penanaman Nilai Moral, Siswa
The Purpose Of The Research Is To Know The Role Of Guidance And Counseling Teacher To Cultivation The Positive Moral To The Student.The Kind Of This Research Is Qualitative Research. This Research Is Done At SMPN 8 Tarakan With The Research First Subject Is The Guidance And Counseling Teacher And Seconder Data Was Taken From The Subject Teacher And 2 Students.The Collect Data Technique That Is Used In This Research Are Interview, Observation And Documentation.Technique Of Data Analysis Use Validity Data That From Data Reduction, Data Presentation And Data Withdrawal. The Result Of This Research Is There Is The Role Of The Guidance And Counseling Teacher Of The Cultivation Of Positive Moral, Although Direct Or Indirect. Moral Value Shaped Because Of Family Factor And The Environment Factor So Influence To The Students’ Life.Guidance And Counseling Teacher Give The Service To The Student According The Students’ Problem That The Students Face. Guidance And Counseling Teacher Guide And Advise The Students For The Settlement Of Their Problem Then Give The Opportunity To Change The Students’ Habit That Is Shaped In The Cultivation Of The Positive Moral. Keywords: Role Of Guidance And Counseling Teacher, Moral Value Cultivation, Students