
Pengaruh Teknik Outbound Terhadap Sikap Empati Siswa SMP Negeri 7 Tarakan (Pra–Eksperimen Pada Kelompok Pusat Informasi Konseling-Remaja (PIK-R) Tahun Pelajaran 2017/2018)
Pengarang : Citra Dewi Astria - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Teknik Outbound Terhadap Sikap Empati Siswa Di SMP Negeri 7 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian Ini Mengunakan Desing Penelitian Pre-Eksperimental Dengan Bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi Dalam Penelitian Sebanyak 90 Siswa Dan Pengambilan Sampel Menggunakan Teknik Purposive Sampling Diperoleh Sebanyak 12 Orang Siswa Pada Kelompok Pusat Informasi Konseling (PIK-R) SMP Negeri 7 Tarakan. Instrumen Penelitian Ini Menggunakan Skala Empati Siswa Dengan Skala Pengukuran Likert. Terdapat 35 Item Yang Valid Dari 45 Item Sebelum Divalidasi. Peneliti Menggunakan Dua Teknik Yaitu Teknik Analisis Deskriptif Dan Analisis Statistik Inferensial Dengan Uji Wilcoxon Menggunakan SPSS 22.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Pemberian Teknik Outbound, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Probabilitas Diperoleh Nilai Asymp Sig = 0,002 < ? = 0,05 Maka H0 Ditolak, Rata-Rata Hasil Pretest Peserta Didik 71,17 Berada Pada Kategori Rendah Dan Setelah Diberi Teknik Outbound Yakni Posttest, Sehingga Naik Rata-Rata Menjadi 116,75 Berada Pada Kategori Tinggi. Sehingga Dapat Disimpulkan Bahwa Ada Pengaruh Teknik Outbound Terhadap Sikap Empati Siswa Dengan Hasil Dari Indikator Sebelum Diberi Teknik Outbound Pada Kelompok Pusat Informasi Konseling – Remaja (PIK-R) SMP Negeri 7 Tarakan Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata Kunci: Outbound, Sikap Empati, PIK-R
This Study Aims To Determine The Effect Of Outbound Techniques On The Attitude Of Empathy Students In SMP Negeri 7 Tarakan Year Lesson 2017/2018. This Research Used Pre-Experimental Research Descriptions With One Group Pretestposttest Design. Population In Research Counted 90 Student And Sampling Using Purposive Sampling Technique Obtained By 12 Student In Group Of Information Center Counseling (PIK-R) SMP Negeri 7 Tarakan. The Instrument Of This Research Use Student Empathy Scale With Likert Measurement Scale. There Are 35 Valid Items From 45 Items Before Being Validated. The Researcher Used Two Techniques Namely Descriptive Analysis Technique And Inferential Statistical Analysis With Wilcoxon Test Bye SPSS 22.0 For Windows. Based on the results of research before and after outbound technique, obtained the results of hypothesis test calculation with decision-making based on probability obtained by asymp value sig = 0.002 < α = 0.05 then Ho rejected, the average pretest result 71.17 students are in the low category and after being given outbound technique ie posttest, so the average rise to 116.75 is in high category. So it can be concluded that there is influence of outbound technique to student empathy attitude with result from indicator before given technique outbound at group of information center counseling - adolescent (PIK-R) SMP Negeri 7 Tarakan in year 2017/2018. Keywords: Outbound, Empathy Attitude, PIK-R