Pengaruh Metode Permainan Edukatif Terhadap Interaksi Sosial Anak Kelas B 1 DI TKK St. Fransiskus Xaverius Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Metode Permainan Edukatif Terhadap Interaksi Sosial Anak Kelas B 1 DI TKK St. Fransiskus Xaverius Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengaruh Metode Permainan Edukatif Terhadap Interaksi Sosial Anak Kelas B 1 DI TKK St. Fransiskus Xaverius Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengarang : Betrics Maria Mando - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Metode Permainan Edukatif Terhadap Interaksi Sosial Anak Kelas B1 TKK St. Fransiskus Xaverius Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Metode Penelitian Ini Adalah Menggunakan Pendekatan Kuantitatif Dengan Desain Penelitian Quasi Eksperimental Design Dalam Bentuk Reversal Time Series Design. Populasi Dalam Penelitian Ini Yaitu 56 Anak Dan Sampel 10 Anak Kelas B1 TKK St. Fransiskus Xaverius Tarakan. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Menggunakan Observasi. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Adalah Teknik Analisis Grafik Dengan Ketentuan Pengambilan Keputusan Analisis Grafik Berdasarkan, Frekuensi, Latensi, Kecenderungan Stabilitas, Kecenderungan Arah Grafik, Dan Level Perubahan.
Berdasarkan Hasil Analisis Data Yang Diperoleh Melalui Observasi Yang Dilakukan Sebelum Dan Sesudah Pemberian Perlakuan (Intervensi) Berupa Metode Permainan Edukatif Berbeda Dan Mengalami Peningkatan Yang Signifikan. Berdasarkan Hasil Yang Diperoleh Dari Data Frekuensi Menunjukkan Adanya Peningkatan Selama Pengamatan, Berdasarkan Kecenderungan Arah Grafik (Trend) Menunjukkan Arah Yang Stabil Dan Membaik/Meningkat, Dan Pada Level Perubahan Data Yang Diperoleh Cenderung Stabil Dan Meningkat.
Maka Dapat Dismpulkan Bahwa Ada Pengaruh Metode Permainan Edukatif Terhadap Interaksi Sosial Anak Kelas B1 TKK St. Fransiskus Xaverius Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Metode Permainan Edukatif, Interaksi Sosial, Siswa Taman Kanak-Kanak

The Aims Of This Research Was To Know The Influence Of Educative Games Method Toward Social Interaction For Children At Class B1 TKK St. Fransiskus Xaverius Tarakan In Academic Years 2016/2017. Research Method Of This Research Used Quantitative Phenomenological By Quasi Eksperimental Design With Reversal Time Series Design. The Population In This Research Were 56 Children’s And Sample 10 Children’s For Class B1 TKK St. Fransiskus Xaverius Tarakan. For Collecting Data, Research Used Observation Method. Data Analysis Technique In This Research Used Technique Analysis Graph With Rule Of Decision Making Of Graph Analyzed Based On Frequency, Latency, Tendency Stability, The Direction Graph Of Tendency And Level Change. Based On The Results Of Data Which Obtained Observation Conducted Before And After Treatment Some Educative Games Method And Had Different And Significant Changed. Based On The Results Frequency Of Data, Which Showed Progress During Intervention, Showed By Trend Of Graphic, They Was Stable, And Using Level Changed, They Was Stable And Raiting. The Conclusion Of This Research, There Was Influenced Of Educative Games Method Toward Social Interaction For Children At Class B1 TKK St. Fransiskus Xaverius Tarakan In Academic Years 2016/2017. Key Words: Educative Games Method, Social Interaction, Kinder Garten Pupils

Detail Informasi