Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Islami Terhadap Harga Diri (Self Esteem) Siswa Kelas XI MAN Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Islami Terhadap Harga Diri (Self Esteem) Siswa Kelas XI MAN Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Islami Terhadap Harga Diri (Self Esteem) Siswa Kelas XI MAN Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengarang : Bayu Dwi Saputra - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Islami Terhadap Harga Diri (Self Esteem) Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis Penelitian Ini Adalah Pre-Eksperimental Design Dengan Bentuk One Group Pretest-Posttest Design. Populasi Dalam Penelitian Ini Yaitu 188 Siswa Dan Sampel 10 Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Metode Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Menggunakan Skala Harga Diri (Self Esteem) Dengan Skala Likert. Penelitian Ini Menggunakan Rumus Product Moment Untuk Uji Validitas Skala Harga Diri (Self Esteem) Siswa Dengan Hasil Dari 60 Butir Pernyataan Terdapat 38 Butir Yang Valid. Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Ini Adalah Teknik Analisis Deskriptif Dan Inferensial Dengan Menggunakan Uji Wilcoxon Dikorelasikan Menggunakan Program SPSS 22.0 For Windows.
Berdasarkan Hasil Penelitian Sebelum Dan Sesudah Pemberian Perlakuan, Diperoleh Hasil Perhitungan Uji Hipotesis Dengan Pengambilan Keputusan Berdasarkan Probabilitas Diperoleh Nilai Asymp Sig = 0,005 ? ? = 0,05 Maka H0 Ditolak Maka Dapat Disimpulkan Bahwa Ada Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Berbasis Islami Terhadap Harga Diri (Self Esteem) Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Berbasis Islami, Harga Diri (Self Esteem)

The Purpose This Research To Know The Influence Of Islamic Based Guidance Group To Self Esteem Students Class XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan In Academic Year 2016/2017. This Research Is A Pre-Experimental Research Design Which Using One Group Pretest-Posttest Design. The Population In This Study Is 188 Students While Using 10 Students As Sampels Of Class XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Methods Of Data Self Esteem In This Study Using A Scale Of With Likert Scale. This Study Use Product Moment To Test The Validity Of The Student Self Esteem Scale That The Results 38 Valid Items Of 60 Items. Data Analysis Techniques In This Research Was Descriptive And Inferential Analysis Using The Wilcoxon Test Were Correlated Using SPSS 22.0 For Windows. Based On The Research Results Before And After Treatment, Result Calculation Hypothesis Test Decision-Making Based On The Probability That The Value Asymp Sig = 0,005 ? ? = 0.05, Ho Is Rejected, It Can Be Concluded That There Is The Influence Of Islamic Based Guidance Group To Self Esteem Students Class XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan In Academic Year 2016/2017. Keywords: Islamic Based Guidance Group, Self Esteem

Detail Informasi