
The Effectiveness Of PQRST Method In Improving Students’ Reading Comprehension Of Eleventh Grade Students At SMA Negeri 3 Tarakan
Pengarang : Wulan Suci Ramadhani - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2018XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan signifikan dalam pemahaman membaca siswa sebelum dan sesudah menggunakan metode PQRST di SMA Negeri 3 Tarakan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Experimental. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIA 2. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa. Penentuan sampel ditentukan dengan cara teknik purposive sampling. Kelas XI MIA 2 adalah kelas yang mendapatkan perlakuan. Kelas yang mendapatkan perlakuan berjumlah 31 siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata di antara pretest dan posttest. Ini di buktikan melalui hasil nilai rata-rata siswa dari pretest adalah 49.97 dan 74.90 pada hasil posttest. Ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai rata-rata sebesar 24.93. Hasil dari Paired Sample t-test (23.977) lebih besar dari t-table (2.042). Itu membuktikan bahwa pemahaman membaca siswa dalam teks naratif mengalami peningkatan setelah mendapatkan perlakuan. Hasil dari perbandingan sig (2-tailed) 0.000 lebih kecil dari 0.05, itu berarti bahwa metode PQRST dapat memberikan konstribusi pada pemahaman membaca siswa. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode PQRST efektif dalam meningkatkan pemahaman membaca siswa pada kelas XI di SMA Negeri 3 Tarakan.
This research objective was to find out whether there is any significant difference in students’ reading comprehension before and after being taught using PQRST method of eleventh grade at SMA Negeri 3 Tarakan. The design of this research was Pre-Experimental research. The sample in this research was 31 students. The sample was chosen by purposive sampling technique. Class for treatment was XI MIA 2. It consisted of 31 students. The result of this research showed that there was different mean score between pretest and posttest. It was proven by the result of the students’ mean score from pretest was 49.97 and 74.90 in the posttest. It indicates that the improvement of the students’ mean score was 24.93. The result of Paired Sample t-test (23.977) was higher than t-table (2.042). It proved that the students’ reading comprehension in narrative text improved after giving the treatment. The result of sig (2-tailed) 0.000 is lower than 0.05, it means that the PQRST method can give any constribution to the students’ reading comprehension. Based on the explanation above, it can be concluded that using PQRST method is effective to improve the students’ reading comprehension of eleventh grade at SMA Negeri 3 Tarakan.