
Profil Kematangan Pilihan Jurusan Di Perguruan Tinggi Di Kelas XII SMK Negeri 2 Tarakan Tahun 2017-2018
Pengarang : Andrey Dwi Riantha Scorista Matsu - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Gambaran Kematangan Siswa Dalam Menentukan Pilihan Jurusan Di Perguruan Tinggi Kelas XII SMK Negeri 2 Tarakan. Desain Penelitian Ini Adalah Penelitian Kuantitatif Deskriptif. Populasi Yang Digunakan Ialah Keseluruhan Siswa Kelas XII SMK Negeri 2 Tarakan Yang Berjumlah 246 Orang. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Dengan Menggunakan Angket. Teknik Analisis Data Dengan Menggunakan Analisis Statistik Diskriptif Yaitu Menentukan Interval, Analisis Persentase Dan Rumus Rata-Rata.
Hasil Penelitian Menunjukkan Bahwa Kematangan Siswa Dalam Memilih Jurusan Di Perguruan Tinggi Berada Pada Kategori Tinggi Dengan Nilai Rata-Rata Siswa Berjumlah 82,8. Hal Ini Diukur Dari Segi Siswa Memiliki Unsur-Unsur Untuk Pengetahuan Diri Dengan Persentase Kategori Sangat Tinggi Sebesar 16 % Dan Kategori Tinggi Dengan Persentase 54%, Memiliki Perencanaan Dalam Jangka Yang Panjang, Informasi Tentang Studi, Karir Dan Pekerjaaan Pada Kategori Rendah Dengan Persentase 52% Dan Kategori Sangat Rendah Dengan Persentase 29,75%, Memiliki Strategi Dalam Membuat Keputusan Dan Menunjukkan Hubungan Dengan Dunia Kerja Dan Peran Untuk Latihan Masa Depan. Analisis Kematangan Pilihan Jurusan Siswa Diharapkan Agar Siswa Lebih Mengoptimalkan Tingkat Kematangan Dalam Memilih Jurusan Agar Dapat Menyesuaikan Diri Dalam Memasuki Perguruan Tinggi Dengan Memahami Diri, Mencari Informasi Dan Mengimplikasikan Dengan Dunia Kerja.
Kata Kunci: Kematangan Pilihan Jurusan, Di Perguruan Tinggi
The Objective Of This Research Was To Know The Picture Of Maturity Of Students In Determining The Selection’s Department In University At Twelfth Grade Students Of SMKN 2 Tarakan. The Research Design Was Quantitative Research Which Was Qualitative Descriptive. The Population Was The Whole Twelfth Grade Students Of SMKN 2 Tarakan Which Was 246 Students. Technique Of Collecting Data Was Using Questionnaire. Technique Of Data Analysis Was Using Descriptive Statistical Analysis Which Determined Interval, Percentage Analysis And Mean. The Research Result Showed That The Students Maturity In Determining The Department Of University Was On The High Category With The Average Students Which Was 82,8. This Number Was Measured From Students Side Whose Had Elements Of Knowledge With Very High Category Percentage Which Was 16% And High Category With 54% Percentage, Had Long-Term Planning, Information About Study, Career And Jobs On Low Category With 52% Percentage And Very Low Category With 29,75% Percentage, Had Strategy In Making Decision And Showed The Relation With The World Of Jobs And Role In Training In The Future. The Analysis Maturity Of The Student’s Department Choice Was Hoped That Students Are More Optimize The Level Of Maturity In Choosing The Department So That The Students Can Adapt In Going To University In Self-Understanding, Looking For Information And Implying With The World Of Jobs. Keyword: Maturity Of Selection’s Department