
Identifikasi Permasalahan Yang Dihadapi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran K13 Mata Pelajaran Biologi Di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan
Pengarang : Fitriani Azis - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2022XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan antara perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan penilaian pembelajaran mata pelajaran biologi dengan ketetapan pembelajaran kurikulum 2013. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini terdiri dari dua guru mata pelajaran biologi kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data angket yang diberikan kepada guru pada aspek permasalahan perencanaan pembelajaran termasuk kategori permasalahan rendah sekali dengan nilai 86%, aspek permasalahan pelaksanaan pembelajaran termasuk kategori permasalahan rendah sekali dengan nilai 89%, dan aspek permasalahan penilaian pembelajaran termasuk kategori permasalahan rendah sekali dengan nilai 84%. Dapat disimpulkan bahwa permasalahan dalam pelaksanaan pembelajaran K13 masih terdapat permasalahan pada perencanaan pembelajaran sulit dalam pengelolaan waktu dalam membuat RPP dan sulit menentukan metode dan media pembelajaran, pada pelaksanaan pembelajaran peserta didik kurang aktif, guru jarang melakukan tanya jawab sebelum melakukan pembelajaran, dan guru jarang melakukan evaluasi diakhir pembelajaran, dan pada aspek penilaian pembelajaran guru tidak melakukan penilaian pada penilaian sikap. Secara keseluruhan pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 belum terlaksana sesuai dengan ketetapan pembelajaran kurikulum 2013.
Kata Kunci: Kurikulum, Perencanaan, Pelaksanaan, Penilaian.
This study aims to describe the problems between lesson planning, implementation of learning, and assessment of learning biology subjects with the provisions of the 2013 curriculum. The research data were analyzed descriptively, qualitatively, and quantitatively. The data collection techniques were questionnaires, interviews, and documentation. The subjects in this study consisted of two biology teachers of class XI Madrasah Aliyah Tarakan State. Based on the study results, questionnaire data given to teachers on aspects of learning planning problems include 86% very low problem categories, aspects of learning implementation problems include 89% very low problem categories, and aspects of learning assessment problems include 84% very low problem categories. It can be concluded that problems in implementing K13 learning are still problems in learning planning, it is difficult to manage time in making lesson plans, and it is challenging to determine learning methods and media. In the implementation of learning, students are less active, and teachers rarely ask questions before doing the learning. Teachers rarely evaluate at the end of learning, and in the aspect of learning assessment, the teacher does not conduct an assessment of attitude assessment. Overall, the 2013 curriculum learning has not been implemented by the 2013 curriculum learning provisions. Keywords: Curriculum, Planning, Implementation, Assessment