Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru BK Di SMP Negeri 9 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru BK Di SMP Negeri 9 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Persepsi Siswa Terhadap Peran Guru BK Di SMP Negeri 9 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengarang : Agustinus Tambing - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2017
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap peran guru BK.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang dilaksanakan di SMP Negeri 9 Tarakan pada tahun pelajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 9 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah 231 siswa. Berdasarkan jumlah populasi yang melebihi 100 orang, maka penelitian ini menggunakan 20% sampel dari jumlah populasi yang ada. Teknik pengambilan sampelnya adalah sampel random. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket model skala Likert. Teknis analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa persepsi siswa terhadap peran guru BK di SMP Negeri 9 Tarakan tahun pelajaran 2016/2017 mencapai 67% atau berada pada kategori sangat tinggi. Pencapaian persentase pada setiap indikator juga berada pada kategori sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari Indikator yang menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat mencapai 81% berada pada kategori sangat tinggi dan indikator menghargai dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan, individualitas, dan kebebasan memilih mencapai 65% berada pada kategori sangat tinggi. Dengan demikian, dapat diketahui persepsi siswa terhadap peran guru BK di SMP Negeri 9 Tarakan tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Persepsi Siswa, Guru BK

The objective of this research was to know how perception students to the role of guidance and counseling teacher. The research design used the researcher was survey research conducted in SMPN 9 Tarakan in academic year 2016/2017. This study population was all students of class IX Junior High School 9 Th Tarakan in the academic year 2016/2017 with the number of 231 students. Based on the total population that exceeds 100 people, this study use 20% sample of the total population. The sampling technique is a random sampling. Data collection methods used in this research is a model Likert Scale. Data were analyzed using descriptive analysis percentage. The result of this study is show that the students perception of the role of guidance and counseling teacher at Junior High School 9 Th Tarakan academic year 2016/2017 reached 67% or at very high category. Achievement of a percentage on each indicator are also at very high category. It could be seen from indicators that show the integrity and stability of a strong personality reaches 81% are in the very high category and indicator appreciate and uphold the values of humanity, individuality, and freedom choose up to 65% are in the very high category. Therefore, it can be seen students' perception of the role of teacher of guidance and counseling at Junior High School 9 Th Tarakan in the academic year 2016/2017. Keywords: Perception Students, The Role of Guidance and Counseling Teacher

Detail Informasi