Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Kemandirian Siswa Kelas VIII SMP Mulawarman Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Kemandirian Siswa Kelas VIII SMP Mulawarman Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Kemandirian Siswa Kelas VIII SMP Mulawarman Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengarang : Tirawati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Latihan Asertif terhadap Kemandirian Siswa Kelas VIII SMP Mulawarman Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan bentukone group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 74 siswa dan sampel 10 siswa kelas VIII SMP Mulawarman Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kemandirian dengan skala Likert. Penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala kemandirian siswa dengan hasil dari 45 butir pernyataan terdapat 29 butir yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji wilcoxon dikorelasikan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,005 ˂ α = 0,05 maka H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan asertif terhadap kemandirian siswa kelas VIII SMP Mulawarman Tarakan tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci: Latihan Asertif, Kemandirian

The purpose this research to know the influence of assertive training to autonomy students class VIII SMP Mulawarman Tarakan in Academic Year 2016/2017. This research is a pre-experimental research design which using one group pretest-posttest design. The population in this study is 74 students while using 10 students as samples of class VIII SMP Mulawarman Tarakan. Methods of data collection in this study using a scale of with Likert scale. This study used product moment to test the validity of the student autonomy scale that the results 29 valid items of 45 items. Data analysis techniques in this research was descriptive and inferential analysis using the Wilcoxon test were correlated using SPSS 22.0 for windows. Based on the research results before and after treatment, result calculation hypothesis test decision-making based on the probability that the value asymp sig = 0,005 ˂ α = 0.05, Ho is rejected, it can be concluded that there is the influence of assertive training to autonomy students class VIII SMP Mulawarman Tarakan in Academic Year 2016/2017. Keywords: Assertive Training, Autonomy

Detail Informasi