
Pengaruh Teknik Shaping Terhadap Disiplin Waktu Siswi Di Pesantren Amin Manshurin Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Sri Rizka Fitria Amin - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik shaping terhadap disiplin waktu siswi di pesantren Amin Manshurin Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017. Desain penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini yaitu 45 siswi dan sampel 6 siswi pesantren Amin Manshurin Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala disiplin waktu dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala disiplin waktu dengan hasil dari 45 butir pernyataan terdapat 30 butir yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji wilcoxon dikorelasikan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,027 < α = 0,05 maka H0 ditolak yang berarti bahwa ada perbedaan disiplin waktu siswi sebelum dan sesudah diberikan perlakuan teknik shaping. Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik shaping terhadap disiplin waktu siswi di Pesantren Amin Manshurin Tarakan tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Teknik Shaping, Disiplin Waktu
The objective of research is to knows influence of shaping technique againts the time discipline at Pesantren Amin Manshurin Tarakan in the academic year 2016/2017. The design research is pre-experimental design with one group pretest-posttest form. The population are 45 female students and 6 female students of pesantren Amin Manshurin Tarakan. The method of collecting the data of this research is discipline scale with likert scale. This research used the product moment formula to test the validity scale of time discipline with the result of 45, there are 30 questions are not valid. The analysis technique of this research is descriptive analysis technique and inferential with Wilcoxon test correlated use the SPSS program 22.0 for windows. Based on the result before and after research treatment, obtain the calculation result of hypothesis testing based on the probability values obtain symp sig= 0,027 < α = 0,05 so H0 is rejected it means that there is a difference of time discipline of the students before and after shaping technique treatment. So, it can be concluded that there is an influence of shaping technique againts the time discipline of the female students at Pesantren Amin Manshurin Tarakan in academic year 2016/2017. Key Words: Shaping Technique, Time Discipline