
Pengaruh Teknik Modeling Terhadap Penyesuaian Diri Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Sitti Ramlah - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah tingkat penyesuaian diri peserta didik sebelum pemberian teknik modeling, tingkat penyesuaian diri peserta didik setelah pemberian teknik modeling, pengaruh teknik modeling terhadap tingkat penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik modeling terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design dengan bentuk one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 293 peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan dan sampel 13 peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala penyesuaian diri dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala penyesuaian diri dengan hasil dari 51 butir pernyataan terdapat 27 butir yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial dikorelasikan menggunakan program SPSS 22 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 30,087 sementara ttabel dengan db N-1 = 5 dan taraf siginifikan 5% (0,05) sebesar 1,782. Berdasarkan hasil pengelolaan t-test dengan menggunakan SPSS 22 for windows menunjukkan thitung > ttabel atau 30,087 >1,782 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik modeling terhadap penyesuaian diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Tarakan tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Teknik Modeling, Penyesuaian Diri
The problem statement in this research was the level of Students acclimatization before modeling technique, the level of Students acclimatization after Students acclimatization modeling techniques, the given effect of modeling technique towards the Students acclimatization for seventh grade students at SMP Negeri 3 Tarakan in academic year 2015/2016. This research aims to know the effect of modeling technique to the Students acclimatization for seventh grade students at SMP Negeri 3 Tarakan in academic year 2015/2016. The method of this research was a pre-experimental design in form one group pretest-posttest design. The population in this research were 293 students of seventh grade students at SMP Negeri 3 Tarakan and the sample of 13 students at of seventh grade students at SMP Negeri 3 Tarakan in academic year 2015/2016. The method of data collection in this research used questionnaires of acclimatization with Likert scale. This research used a product moment formula to test the validity of acclimatization with the results from 51 questions contained 27 was valid questions. The technique at data analysis in this research were a descriptive statistics and inferential statistics were correlated using SPSS 22 for windows. Based on the research result of research before and after treatment, the result of hypothesis test obtained t-count was 30,087 while t table with db N-1 = 5 and the significant level of 5% (0.05) was 1,782. Based on the results of management of t-test used SPSS 16 for windows show t-count > t table or 30,087 > 1,782 so it can be concluded that there was influence Modeling Technique towards the Students acclimatization for seventh grade students at SMP Negeri 3 Tarakan in Academic year 2015/2016". Key Words: Modeling Techniques, Acclimatization