
Pengaruh Bimbingan Kelompok Berbasis Islami Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Khairaat Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Mutma Inna - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan berdasakan pada pengamatan di Madrasah Aliyah Al-Khairaat Tarakan tahun pelajaran 2015/2016 bahwa terdapat fenomena pada siswa kelas XI yang memiliki konsep diri rendah. Masalah konsep diri tersebut diberikan perlakuan bimbingan kelompok berbasis Islami dengan tujuan meningkatkan konsep diri siswa.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pre Experimental One Group Pre Test and Post Test Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Madrasah Aliyah Al-Khairaat Tarakan tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 25 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dan sampel penelitian ini berjumlah 8 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode skala konsep diri sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik wilcoxon match pairs.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,012 ˂ α = 0,05 maka H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok berbasis Islami terhadap konsep diri siswa di Madrasah Aliyah Al-Khairaat Tarakan tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Bimbingan Kelompok Berbasis Islami, Konsep Diri
This research was conducted based on observation in Madrasah Aliyah Al-Khairaat Tarakan, academic year of 2015/2016 that there is a phenomenon in class XI student that has a low self-concept. That self-concept issue is given an Islamic based treatment group guidance in order to improve students’ self-concept. The research design that was used in this research is a Pre-experimental One Group Pretest and Posttest Design. The population in this research is a student on class XI Madrasah Aliyah Al-Khairat Tarakan in academic year of 2015/2016 which consists of 25 students. The sampling technique used in this research was purposive sampling technique, and 8 students became the samples of this research. The method of collecting data in this research using a self-concept scale method while the method of analyzing data that was used in this research is a statistically non-parametric Wilcoxon match pairs. Based on the pre and post treatment result, the calculation of hypothesis test based on the probability the value of asymp sig = 0.012 < α = 0.05, that means H0 is rejected. It can be concluded that there is an influence of Islamic-based treatment group guidance toward self-concept students in Madrasah Aliyah Al-Khairat Tarakan in academic year of 2015/2016. Keywords: Islamic-Based Group Guidance, Self-Concept