
Pengaruh Latihan Asertif Terhadap Keterbukaan Diri Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Merylin Pilipus - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah siswa yang memiliki kesulitan untuk membuka diri khususnya dalam mengemukakan masalahnya, baik kemampuan dalam mengungkapkan kebutuhan, pikiran, keyakinan, dan perasaannya. Siswa sulit membuka diri karena merasa malu masalahnya diketahui, cemas, serta takut jika masalah yang dihadapi diungkap keluar dan diketahui teman-teman, serta orangtua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan asertif terhadap keterbukaan diri siswa kelas X di SMK Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 3 Tarakan tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 239 siswa. Peneliti menggunakan skala keterbukaan diri siswa dengan skala likert dan menggunakan purposive sampling untuk mengambil sampel. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 12 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan uji wilcoxon menggunakan program SPSS 16.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian treatment, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,002 ˂ α = 0,05 maka H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh latihan asertif terhadap keterbukaan diri siswa yang rendah di SMK Negeri 3 Tarakan tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Latihan Asertif, Keterbukaan Diri
The background of the research is the problem of students who have difficult of self disclosure, especially in the problem argued, ability to express needs, thoughts, beliefs, and feelings. Students feel difficult to open up because they embarrassed the problem is known to other, anxiety, and fear that if the problems encountered revealed out and known to friends and parents. The purpose of the research was to know the effect of Assertive Training To The Students Self Disclosure at Class ten in SMKN 3 Tarakan in 2015/2016 Academic Year. The research was a pre-experimental design which used one group pretest-posttest design. The population of the research was the students of class ten in SMKN 3 Tarakan in 2015/2016 academic year. The number of population was 239. The researcher used a scale of the students of disclosure with Likert scale and used purposive sampling to take the sample. The number of sample of the research was 12 students. The technique of analysis data in the research was descriptive and inferential analysis with Wilcoxon test. It used SPSS 16.0 for windows. Based on the results of the reseach before and after treatment, the result of the calculation hypothesis test decision-making based on the probability that the value asymp sig = 0,002 ˂ α = 0.05, Ho was rejected, it could be concluded that there was the influence of assertive training to whom low self disclosure students at class ten in SMK Negeri 3 Tarakan 2015/2016 academic year. Keywords: Assertive Training, Self Disclosure