
Penerapan Manajemen Diri Dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa Kelas VII-6 SMP Negeri 10 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Mertin Pare Tandi Seru - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah penerapan manajemen diri dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII-6 SMP Negeri 10 Tarakan Tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen diri dalam meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII-6 SMP Negeri 10 Tarakan Tahun pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-6 SMP Negeri 10 Tarakan yang terdiri 18 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan skala penyesuaian diri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus dan setiap siklus dilaksanakan 4 kali pertemuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyesuaian diri siswa pada siklus I adalah 44% siswa berada pada minimal kategori baik dan siklus II mengalami peningkatan menjadi 89% siswa berada pada minimal kategori baik dan sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan manajemen diri dapat meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas VII-6 SMP Negeri 10 Tarakan Tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Teknik Manajemen Diri, Penyesuaian Diri
Formulation of the problem in this research is the application of self management in improving students’ the self adjustment grade VII-6 SMP Negeri 10 Tarakan academic year 2015/2016. This study aims to determine the application of self-management in improving students’ the self adjustment grade VII-6 SMP Negeri 10 Tarakan academic year 2015/2016. Type of this research is classroom action research guidance and counseling. The subjects were students of grade VII-6 SMP Negeri 10 Tarakan consisting of 18 students. Data collection techniques in this study uses observation and self adjustment scale. This classroom action research was conducted in two cycles and each cycle had 4 meetings. The results showed that self-adjustment of students in the first cycle was 44% of the students were at the minimum of good category and the second cycle experienced ap to 89% of students are at a minimum of good and excellent categories. Based on the results of this study, it can be concluded that the implementation of self-management can improve students’ the self adjustment in grade VII-6 SMP Negeri 10 Tarakan academic year 2015/2016. Keywords: Mechanical Self-Management, Self-Adjustment