Upaya Guru BK Dalam Menangani Perilaku Membolos Siswa Di SMP Citra Bangsa Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Upaya Guru BK Dalam Menangani Perilaku Membolos Siswa Di SMP Citra Bangsa Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Upaya Guru BK Dalam Menangani Perilaku Membolos Siswa Di SMP Citra Bangsa Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengarang : Merry Kristiani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang siswa (AT) yang membolos dengan indikator Kurang konsistennya pelaksanaan tatib di sekolah, Kurangnya perhatian orang tua terhadap anak dirumah, Kurang partisipasi orang tua dalam pembinaan kesiswaan di sekolah, dan Terdapat tempat-tempat kegiatan di sekitar sekolah yang menganggu proses belajar mengajar. Berdasarkan latar belakang diatas, maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui upaya Guru BK dalam menangani perilaku membolos siswa di SMP Citra Bangsa Tarakan. Penelitian ini dilakukan di SMP Citra Bangsa Tarakan dengan subjek penelitian 1 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Kemudian mengecek keabsahan data dengan trianggulasi.
Adapun hasil penelitian adalah (1) Gambaran perilaku membolos siswa yaitu: AT dikarenakan malas belajar, tidak suka dengan gurunya dan keinginannya untuk merokok. AT membolos ketika guru terlambat masuk kelas pada saat pergantian jam pelajaran, AT meninggalkan kelas pada saat jam terakhir tanpa sepengetahuan guru ketika guru terlambat masuk dan itu adalah hasil kesepakatan dengan teman satu kelasnya tanpa ada izin dari guru. Ketika AT membolos juga melihat situasi dan kondisi. AT juga pernah membolos sekolah mulai dari jam pertama hingga akhir, melewati pintu gerbang, tidak hanya membolos diluar dari area sekolah terkadang di dalam area sekolah juga. Akan tetapi, AT lebih banyak menghabiskan waktu membolos di luar sekolah yaitu di warung, (2) Faktor penyebab terjadinya siswa membolos ada dua yaitu: faktor internal yaitu : (a) penyalahgunaan jabatan, (b) tidak dapat menahan keinginan untuk merokok, (c) membolos karena tidak suka dengan pelajaran tertentu seperti matematika dan bahasa inggris dan terkadang membolos mulai dari jam pelajaran pertama sampai akhir terkadang juga pada saat mata pelajaran tertentu. Dan eksternalnya yaitu : (a) kurang konsistennya aturan tata tertib di sekolah, (b) kurang perhatiannya orang tua, (c) adanya tempat yang mendukung untuk membolos, dan (d) pengaruh dari teman-teman atau lingkungan sekolah. Setelah penanganan diberikan, AT sudah mengalami perubahan, yang sebelumnya sering membolos dan setelah adanya upaya dari guru BK, AT sudah tidak lagi dijumpai di warung tempat biasanya dia membolos. Ini berarti AT memiliki tingkat kesadaran untuk tidak membolos lagi.

Kata Kunci: Perilaku Membolos, Guru BK

This study has a background of student (AT) truant with the indicator less inconsistency in the implementation of the Rules of Procedure in schools, lack of parental supervision of children at home, less of parental participation in coaching student in school, and are of places and events around the school that disrupt the learning process. Based on the background above the purpose of this study was to find out the BK teacher efforts in dealing with the behavior of truant students in junior Citra Bangsa Tarakan. This research was conducted in Citra Bangsa junior Tarakan with research subject was 1 student. Data collection techniques that used were interviews and documentation. Data analysis techniques in this study was the data reduction, data display and conclusion. Then checking the validity of the data by triangulation. The results of the study are (1) The description of the behavior of truant student are: AT due to lazy to learn, he doesn’t like the teacher and the his desire to smoke. AT truant when the teacher was coming late for class at the last lesson of the school, AT leaving the classroom during the last lesson without the knowing by teacher when the teacher was coming late and it was the result of a deal with his classmates without permission from the teacher. When AT was truanting he also look at the situation and condition. AT is also never be absent from the first hour to the end, passing through the gate, not just truanting the outside of the school area sometimes he also do it in the school area as well. However, AT spend more time skipping out of school are in the stalls, (2) There are two factors that caused the student truants: internal factors: (a) position misapropriation, (b) cannot resist the desire to smoke, (c) truant because they do not like with certain subjects such as math and English and sometimes they do truant from the first lesson to the end sometimes in certain subjects. And the external factors are: (a) less of inconsistency in the rules of conduct at school, (b) lack of parent’s attention, (c) the place that support for the truant, and (d) the influence of friends or school environment. After the treatment was given, the AT has undergone changes, which previously often truant and after their efforts of BK teachers, AT is no longer found in the stall where he usually skipped. This means that AT has the level of awareness for not doing truant again. Keywords: Truant Behavior, BK Teacher

Detail Informasi