Pengaruh Teknik Manajemen Diri Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Teknik Manajemen Diri Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengaruh Teknik Manajemen Diri Terhadap Kesulitan Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017

Pengarang : Julizah - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk Mengetahui pengaruh teknik manajemen diri terhadap kesulitan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada 25 Juli–09 Agustus 2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu 142 siswa kelas IX SMP Negeri 10 Tarakan dan sampel 6 siswa pada kelompok eksperimen serta 6 siswa pada kelompok kontrol yang berada dikelas IX SMP Negeri 10 Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kesulitan belajar dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala kesulitan belajar dengan hasil dari 36 butir pernyataan terdapat 29 butir yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan bantuan program SPSS versi 22.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = -13,052 dan –t(α,n-1) = 2,015. Berdasarkan hasil uji hipotesis independent sample t-test menunjukkan thitung < t(α,n-1) atau -13,052 < 2,015 maka dapat disimpulkan bahwa teknik manajemen diri berpengaruh terhadap kesulitan belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 10 Tarakan tahun pelajaran 2016/2017.

Kata Kunci: Teknik Manajemen Diri, Kesulitan Belajar

The purpose of this research is to understand the effect of self management technic for difficulty learning to students for class VIII SMP Negeri 10, Tarakan. This research was held on July 25th-August 09th, 2016. The type of this research is quasy experimental design research with nonequivalent control group design. The population of this research are 142 students from class IX SMP Negeri 10, Tarakan and up to 6 students in experiment group plus 6 students in control group from class IX SMP Negeri 10 Tarakan. The Method that use to collect the data used the scale learning difficulties with scale likert. This research used product moment formula for validity test scale learning difficulties with result 36 points questions have 29 points have valid. The analysis data from this research is descriptive analysis and inferential analyts with the helped from SPSS Program Version 22.0 for Windows. Based on research result before and after the applied, obtained test result hypothetical calculation thitung = -13,052 and t (a,n-1) = 2,015. Based on hypothetical independent sample t-test shows thitung < t(a,n-1) or -13,052 < -2,015. So it can be concluded the self management technic have the effect for difficulty learning for students class IX SMP Negeri 10 Tarakan, learning year 2016/2017. Keywords: Self Management Technic, Difficulty Learning

Detail Informasi