
Perilaku Membolos Dan Alternatif Penanganannya Dengan Menggunakan Teknik Modeling Langsung (Studi Kasus Di SMK Negeri 2 Tarakan)
Pengarang : Rustam - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku membolos siswa. Faktor-faktor yang melatarbelakangi perilaku membolos dan upaya peneliti menangani perilaku membolos siswa dengan menggunakan teknik modeling langsung. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 2 Tarakan dengan subjek penelitian 2 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik keabsahan data.
Adapun hasil penelitian adalah (1) Gambaran perilaku membolos dari kedua siswa yaitu: MT dikarenakan malas belajar, tidak suka dengan gurunya dan keinginannya untuk merokok. MT membolos ketika guru terlambat masuk kelas pada saat pergantian jam pelajaran, MT meninggalkan kelas pada saat jam terakhir tanpa sepengetahuan guru ketika guru terlambat masuk dan itu adalah hasil kesepakatan dengan teman satu kelasnya tanpa ada izin dari guru. DF sendiri membolos dikarenakan malas dan tidak suka dengan pelajaran tertentu seperti matematika dan bahasa inggris. Ketika DF membolos juga melihat situasi dan kondisi. DF juga pernah membolos sekolah mulai dari jam pertama hingga akhir MT dan DF membolos lewati pintu gerbang, tidak hanya membolos diluar dari area sekolah terkadang di dalam area sekolah juga. Akan tetapi, MT dan DF lebih banyak menghabiskan waktu membolos diluar sekolah yaitu di warung, (2) Faktor penyebab terjadinya siswa membolos ada dua yaitu: faktor internal dan eksternal, (3) Bentuk penanganan perilaku membolos dengan modeling langsung yang mencakup didalamnya instruksi-instruksi, modeling, latihan, balikan serta motivasi. Kemudian dari hasil penanganan yang telah penulis berikan yaitu dengan menggunakan modeling langsung, MT dan DF sudah mengalami perubahan, sebelum diberikan penanganan dan pendekatan MT dan DF masih saja membolos dan mudah dijumpai di warung. Setelah penanganan diberikan, MT dan DF sudah mengalami perubahan, yang sebelumnya sering membolos dan setelah penanganan MT sudah tidak lagi dijumpai di warung tempat biasanya dia membolos sedangkan DF masih sering dijumpai di warung tapi sudah tidak sesering dulu.
Kata Kunci: Perilaku Membolos, Teknik Modeling Langsung
This research aimed to describe the truant behavior of students. The factors underlying the truant behavior and efforts to deal with behavioral researchers truant students by using direct modeling techniques. This research was conducted in Vocational School 2 Tarakan with research subjects 2 students. Data collection techniques used were interviews and documentation. Data analysis techniques in this research is the reduction data, display data and conclusion. Then analyzed using the technique of data authenticity. The results of the research are (1) A description of both the student truant behavior, namely: MT due to lazy to learn, don’t like the teacher and the desire to smoke. MT truant when the teacher is late for class at the turn of hours of lessons, MT leave the classroom during the last hour without the knowledge of the teacher when the teacher entered late and it is the result of a deal with a friend one class without permission from the teacher. DF itself ditching due to lazy and do not like certain subjects such as Math and English. When DF ditching also look at the situation and conditions. DF also never be absent from the first hour until the end of MT and DF ditching through the gates, not just skipping out of school areas sometimes in the school area as well. However, MT and DF ditching spend more time outside of school that is in the shop, (2) The cause of the occurrence of truant students is twofold: internal and external factors, (3) Form handling truant behavior with direct modeling that includes therein instructions, modeling, practice, feedback and motivation. Then from the treatment that has been given author by using direct modeling, MT and DF have changed, before being given treatment and approach to MT and DF still ditching and easily found in shops. After the treatment is given, MT and DF have changed, which previously often truant and after treatment MT is no longer found in the shop where he usually skipped while DF still often found in the shop but had not as often. Keywords: Truant Behavior, Direct Modeling Techniques