Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan

Pengarang : Rita Heriyanti - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui gambaran konsep diri siswa sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Tarakan, 2) mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan kelompok terhadap konsep diri siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Jenis desain yang digunakan adalah Pre-Experimental dengan One-Group Pretest-Posttest Design. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan yang berjumlah 24 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel yang sesuai dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial dengan t-test.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu: konsep diri siswa sebelum diberikan bimbingan kelompok (pretest) dalam kategori rendah dan sedang, namun setelah diberikan bimbingan kelompok (posttest) konsep diri siswa meningkat menjadi kategori tinggi. Ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap konsep diri siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Tarakan. Artinya terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok yang ditandai terjadinya peningkatan konsep diri siswa.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Konsep Diri

This study aims to: 1) determine the image of self-concept of students before and after the given guidance on the group of eighth grade students in Junior High School 7 Tarakan, 2) determine whether there is the influence self concept guidance group of eighth grade students in Junior High School 7 Tarakan. This research is an experimental research. This type of design used is PreExperimental with One-group pretest-posttest design. The data collection techniques in this study is the use of questionnaires, observation and documentation. The population in this study were all eighth grade students in Junior High School 7 Tarakan, amounting to 24 students. The sample in this study consists of 24 students who were taken by using purposive sampling technique sampling techniques in accordance with certain considerations. Data were analyzed using descriptive statistical analysis and inferential analysis by t-test. The results obtained are: the concept of the student prior to the guidance given group (pretest) in the low and medium category, but after being given guidance group (posttest) self-concept of students increased to the high category. There is an effect of group guidance to the self concept of eighth grade students in Junior High School 7 Tarakan. This means that there is a difference before and after guidance group marked an increase in students self concept. Keywords: Guidance Group, Self Concept

Detail Informasi