Hubungan Bimbingan Belajar Dengan Peningkatan Minat Belajar Siswa Di Primagama Tarakan 2014/2015 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Hubungan Bimbingan Belajar Dengan Peningkatan Minat Belajar Siswa Di Primagama Tarakan 2014/2015

Hubungan Bimbingan Belajar Dengan Peningkatan Minat Belajar Siswa Di Primagama Tarakan 2014/2015

Pengarang : Mindra Wati - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan Bimbingan Belajar dengan Peningkatan Minat Belajar Siswa di Primagama Tarakan 2014/2015.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan populasi sasaran seluruh siswa jenjang SMP di Primagama Tarakanyang terdaftar dan aktif belajar pada semester ganjil tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 54 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling dengan penarikan sampel penuh.
Pengolahan data digunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa: (1) 54 siswa yang menjadi sampel penelitian, terdapat 34 (63%) siswa mengatakan bimbingan belajar telah sesuai dengan standar bimbingan yang diharapkan dengan pilihan kategori dari 39 siswa yaitu 5 siswa mengatakan sangat baik, 7 siswa mengatakan baik dan 22 siswa mengatakan cukup baik. Sedangkan20 (37%) siswa, 16siswamengatakantidak baikdan4siswamengatakansangattidak baik. (2) 54 siswa yang menjadi sampel penelitian terdapat 30 (56%) siswa telah memiliki minat belajar. 24 (44%) siswa belum memiliki minat belajar. (3) berdasarkan hasil uji hipotesis, maka hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima yaitu terdapat hubungan sedang antara bimbingan belajar dengan peningkatan minat belajar siswa Primagama Tarakan tahun 2014/2015.

Kata Kunci: Bimbingan Belajar dan Peningkatan Minat Belajar

The aim of this research is to determine the relation of tutoring and enhancement of student interest in learning at Primagama Tarakan 2014/2015. This study is a correlational with a target population of the entire junior high school students in Primagama Tarakan which is registered and active in learning process for the last semester in year 2014/2015, come to 54 students. This research method is random sampling tecniques with the full sample revocation. The method of data processing is descriptive analysis and inferential analysis. Based on data analysis, it is concluded that: (1) 54 students into the study sample, there are 34 (63%) of students say that tutoring have been in accordance with the standard guiding expectation by the selection of 39 students category, which is 5 students say “very good”, 7 students say“good”, and 22 students say pretty good. Whereas 20 (37%) students, 16 students says that it is not good and 4 students say is bad. (2) 54 students into the research sample there were 30 (56%) of students have interest in learning. 24 (44%) students have not had interest in learning yet. (3) Based on the results oftesting hypothesis, then the hypothesis proposed in the study accepted that there is a relation between tutoring and enhancement of student interest in learning at Primagama Tarakan 2014/2015. Keywords: Tutoring and Enhancement of learning

Detail Informasi