
Studi Tentang Pelaksanaan Program Layanan BK Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan
Pengarang : Juarenangsih - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2015XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Program Layanan BK Kelas VII Di SMP Negeri 7 Tarakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 Mei sampai dengan 5 Juni 2015 di SMP Negeri 7 Tarakan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang bersifat deskriptif. Populasi yang digunakan adalah keseluruhan siswa kelas VII tahun ajaran 2014- 2015 SMP Negeri 7 yang berjumlah 26 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis statistik diskriptif yaitu menentukan interval, analisis persentase dan rumus rata-rata (mean).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan program layanan BK Kelas VII SMP Negeri 7 Tarakan, mencapai 73% (sangat setuju), artinya pelaksanaan program BK sudah sesuai dengan ketentuan dan mekanisme yang telah ditetapkan, sehingga hasilnya dapat digunakan dalam melaksanakan tugas layanan BK di sekolah, seperti layanan orientasi, informasi, pengembangan dan penyaluran, pembelajaran atau penguasaan konten, konseling individu dan bimbingan kelompok.
Kata Kunci: Pelaksanaan Program Layanan BK
This research was aimed to know about the service program implementation of guidance and counseling at grade seven in SMP Negeri 7 Tarakan. This research was held on 5 Mei 2015 until 5 Juni 2015 in SMP Negeri 7 Tarakan. This research was descriptive survey research. The population was all of seven grade students in academic year 2014-2015 in SMP Negeri 7 Tarakan that consists of 26 students. Data collection technique was used questionnaire. Data analysis technique was used descriptive analysis statistic which is decide the interval, percentage analysis, and mean formula. The result of the research showed that the service program implementation of guidance and counseling at grade seven in SMP Negeri 7 Tarakan reached 73% (strongly agree), it means that the program implementation of guidance and counseling was appropriate with the rules and mechanism that was decided, so that the result can be used in implementing guidance and counseling service duty in school, for example orientation and information service, development and distribution, learning or content mastery, and group and individual guidance and counseling. Keywords: Service Program Implementation of Guidance and Counseling