Pengaruh Pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) Terhadap Stres Belajar Siswa Di SMP Negeri 8 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION
Image of Pengaruh Pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) Terhadap Stres Belajar Siswa Di SMP Negeri 8 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengaruh Pendekatan Cognitive Behavior Modification (CBM) Terhadap Stres Belajar Siswa Di SMP Negeri 8 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016

Pengarang : Indi Oktaviani - Personal Name;

Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016
XML Detail Export Citation
    SKRIPSI

Abstract

Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Tarakan dengan jumlah 236 siswa. Teknik Sampling yang digunakan adalah random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi dengan alat pengumpulan data berupa stres belajar siswa. Validitas instrument menggunakan rumus korelasi product moment dihitung dengan taraf signifikan 5% dan perhitungan reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase, uji-t.
Hasil penelitian ini adalah tingkat stres belajar siswa sebelum diberikan pendekatan CBM dengan teknik instruksi diri dan modeling simbolis 70% berada pada kategori tinggi. Sesedah diberikan treatmen berupa teknik instruksi diri dan modeling simbolis diperoleh stres belajar siswa adalah 58% dengan kategori rendah. Hasil penelitian menunjukkan terjadi penurunan stres belajar siswa sebesar 12%. Hasil Uji-t menunjukkan bahwa t-hitung = 8,549 > t-tabel= 2,365, artinya Hipotesis alternative (Ha) yang menyatakan ada pengaruh pendekatan Cognitivve Behavior Modification (CBM) terhadap stres belajar siswa di SMP Negeri 8 Tarakan Tahun Ajaran 2015/2016, dinyatakan di terima.

Kata Kunci: Stres Belajar, Cognitive Behavior Modification

This research included in the quantitative research, the population in this research is all students of class VIII at SMP Negeri 8 Tarakan with overall of 236 students. Sampling technique used is a stratified random sampling, Data collecting method using a psychological scale, with data collection tools student learning stress. The validity of the instrument using the product moment correlation formula, calculated by significant level of 5% and a reliability calculation using the alpha formula. Data were analyzed using descriptive analysis percentage, t - test. The results showed the stress levels of student learning before it is given CBM approach with self instruction techniques and symbolic modeling is 70% in the high category. after being given treatment in the form of self instruction techniques and modeling symbolic, obtained students' stress level is 58% in the low category. Research results show a decline in students' stress levels by 12%. T-test results showed that the t-count = 8.549 > t-table = 2.365, meaning that alternative hypothesis which states there is influence of CBM approach to students learning stress at SMPN 8 Tarakan School Year 2015/2016, otherwise accepted. Keywords: Learning Stress, Cognitive Behavior Modification

Detail Informasi