
Pengaruh Teknik Penguatan Positif Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Hindun Novita Ningrum - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik penguatan positif terhadap percaya diri siswa kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan Tahun pelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest desaign. Populasi dalam penelitian ini yaitu 253 siswa dan sampel 10 siswa kelas XII SMA Negeri 3 Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala percaya diri dengan skala Likert. Penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala percaya diri siswa dengan hasil dari 43 butir pernyataan terdapat 26 butir yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji wilcoxon dikorelasikan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,005 ˂ α = 0,05 maka H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik penguatan positif terhadap percaya diri siswa SMA Negeri 3 Tarakan tahun pelajaran 2016/2017.
Kata Kunci: Teknik Penguatan Positif, Percaya Diri
The purpose this research is knowing about The influence of positive reinforcement techniques to self Confident student class XII SMA Negeri 3 Tarakan in academic year 2016/2017. This research is a pre-experimental research design to form one group pretest-posttest desian. The population in this study are 253 students and 10 students of class XII sample SMA Negeri 3 Tarakan. Methods of data collection in this study using a scale of confidence with Likert scale. This study uses a formula product moment to test the validity of the scale-confidence of students with the results of the 43-point declaration that there were 26 valid items. Data analysis techniques in this research was descriptive and inferential analysis using the Wilcoxon test were correlated using SPSS 22.0 for windows. Based on the research results before and after treatment, result calculation hypothesis test decision-making based on the probability that the value asymp sig = 0.005 ˂ α = 0.05, H0 is rejected, it can be concluded that there is a positive reinforcement techniques influence the confidence of students SMA Negeri 3 Tarakan school year 2016/2017. Keywords: The Positive Reinforcement, Self-Confident