
Peran Guru BK Dalam Pelaksanaan Layanan Orientasi Bimbingan Konseling Di SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Hanna Lastri Ulina Tumangger - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran peran guru BK dalam pelaksanaan layanan orientasi bimbingan konseling di SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskripftif. Subjek yang digunakan adalah guru bimbingan dan konseling yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan keabsahan data yang diperoleh dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil penelitian ini adalah: peran guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan orientasi yaitu guru BK berperan dalam pemberian materi kepada siswa yaitu tentang peraturan dan tata tertib di sekolah.
Kata Kunci: Peran Guru Bimbingan dan Konseling, Layanan Orientasi
This study aims to describe the role of teachers in the implementation guidance orientation Junior High School 4 Tarakan in the Academic Years 2015/2016. This type of research is descriptive qualitative research. Subjects used is a teacher guidance and counseling totaling two people. Data collection techniques used were interviews and documentation. Data analysis techniques using data obtained with the validity of data reduction, data presentation and conclusion. As for the results of this study are: the role of guidance and counseling teachers in the implementation of service orientation is teacher guidance and counseling role in the provision of material to students is about the rules and regulation in school. Keywords: The Role of Guidance and Counseling Teacher, Guidance of Orientation