
Studi Tentang Persepsi Siswa Terhadap Guru BK Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Galih Harya Kelana - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi siswa terhadap guru BK.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian survey, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 234 siswa. Oleh karena subyeknya lebih dari 100, sehingga digunakan rumus pengambilan jumlah sampel dengan rumus Slovin dengan tingkat kepercayaan 90% dan tingkat eror 10%. Pemilihan sampelnya dengan cara proportional sampel, karena pengambilan sampel disetiap kelas ditentukan seimbang dengan banyaknya populasi masing-masing kelas. Metode pengumpulan yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala dan dokumentasi. Skala yang digunakan menggunakan model skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase.
Hasil penelitian ini adalah diperoleh data studi tentang persepsi siswa terhadap guru BK kelas VIII di SMP Negeri 8 Tarakan tahun pelajaran 2015/2016 berdasarkan rekapitulasi hasil penelitian mencapai 53% berada pada kategori tinggi. Pencapaian persentase pada setiap indikator juga berada pada kategori tinggi dan sangat tinggi yaitu indikator menunjukkan integritas dan stabilitas kepribadian yang kuat mencapai 58% berada pada kategori tinggi dan indikator menampilkan kinerja berklualitas tinggi mencapai 51% berada pada kategori sangat tinggi.
Kata kunci: Persepsi Siswa, Guru BK
The research purpose is to know how student perception about guidance and counseling teacher. This study including the kind of research survey, the population in this research is the class VIII studen of junior high school 8th Tarakan in academic year 2015/2016 with the total student is 234. Because the subject more than 100, so take of the sampel with Slovin formula with level of trust 90% and level of error 10%. Technique sampling with propotional sample. Method collection data is scale with likert model and documentation. Technique data analyze use the descriptive percentage analysis. The result of the data obtain by a study of the perception student 2015/2016 with result recapitulation research realize 53% in high category level. Ralize in each category in high level and very high level than be found in indicator refers to strong personality that integrity and stability at 58% with high level and indicator refers to high quality performance at 51% with very high level. Keywords: Perception Students, Counseling Teacher