
Faktor-Faktor Penyebab Perilaku Menyontek Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017
Pengarang : Ferdhy Wicaksono - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab perilaku menyontek siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Tarakan Tahun Pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan adalah 2 orang siswa, guru bimbingan dan konseling yang berjumlah 1 orang, guru wali kelas yang berjumlah 1 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan keabsahan data yang diperoleh dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Adapun hasil penelitian ini adalah bahwa perilaku menyontek yang terjadi pada HI dan NR adalah kurangnya kepercayaan diri yang dimilikinya dan meluangkan waktu untuk belajar lebih rajin serta sering tidak memperhatikan pada saat proses pembelajaran di sekolah. Bentuk menyontek yang sering dilakukan oleh HI dan NR adalah melihat jawaban teman selain itu menggunakan alat bantu seperti membawa sobekan kertas yang berisikan jawaban, dan menggunakan internet melalui smart phone untuk mencari jawaban. Faktor-faktor penyebab perilaku menyontek siswa. adalah; 1) motivasi belajar rendah, 2) keinginan nilai tinggi, 3) pikiran negatif.
Kata Kunci: Penyebab Perilaku Menyontek
This research is intended to know the Causal Factor of Cheating Behavior the student do cheating in class eight in SMP negeri 4 Tarakan study year 2016/2017. Type of the research is qualitative and descriptive. The subject in this research is two students, one teacher of guidance and counseling and one homeroom teacher. The technique in use to gather the data is use validity of the data which mean, the data in get from data reductions, data presentation, and conclusion or verification. The results of this research are that the cheating behavior that occurred on HI and NR is a lack of confidence they have and take the time to learn more diligently also often do not pay attention during the learning process in the school. Form of cheating is often done by HI and NR was seeing the answers friends besides using tools like carrying scrap of paper containing the answers, and using the Internet via a smart phone to find answers. The factors that cause the cheating behavior on students are; 1) low learning motivation, 2) the desire of high score, 3) negative thinking. Keywords: The Causal Factor of Cheating Behavior