
Pengaruh Teknik Self-Management Terhadap Kedisiplinan Siswa Di SMK Paguntaka Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016
Pengarang : Anissah Fadila T. - Personal Name;
Perpustakaan UBT : Universitas Borneo Tarakan., 2016XML Detail Export Citation
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik self-management terhadap kedisiplinan siswa di SMK Paguntaka Tarakan Tahun Pelajaran 2015/2016.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental design dengan bentuk one group pretest-posttest desaign. Populasi dalam penelitian ini yaitu 59 siswa dan sampel 7 siswa SMK Paguntaka Tarakan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala kedisiplinan siswa dengan skala likert. Penelitian ini menggunakan rumus product moment untuk uji validitas skala kedisiplinan siswa dengan hasil dari 51 butir pernyataan terdapat 28 butir yang valid. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial dengan menggunakan uji wilcoxon dikorelasikan menggunakan program SPSS 22.0 for windows.
Berdasarkan hasil penelitian sebelum dan sesudah pemberian perlakuan, diperoleh hasil perhitungan uji hipotesis dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas diperoleh nilai asymp sig = 0,018 ˂ α = 0,05 maka H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh teknik self-management terhadap kedisiplinan siswa yang rendah di SMK Paguntaka Tarakan tahun pelajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Teknik Self-Management, Kedisiplinan Siswa
The purpose this research to know the effect of self-management techniques for discipline students in SMK Paguntaka Tarakan in schoolyear 2015/2016. This research is a pre-experimental research design which using one group pretest-posttest desaign. The population in this study is 59 students while using 7 students as sampels of SMK Paguntaka Tarakan. Methods of data collection in this study using a scale of discipline students with Likert scale. This study use product moment to test the validity of the student discipline scale that the results 28 valid items of 51 items. Data analysis techniques in this research was descriptive and inferential analysis using the Wilcoxon test were correlated using SPSS 22.0 for windows. Based on the research results before and after treatment, result calculation hypothesis test decision-making based on the probability that the value asymp sig = 0,018 ˂ α = 0.05, Ho is rejected, it can be concluded that there is the influence of self-management techniques to whom low discipline students in SMK Paguntaka Tarakan school year 2015/2016. Keywords: Techniques Self-Management, Discipline Students